Begini Tindakan Panwas Batu Saksikan APK Liar

Panwas Batu dan Satpol PP saat menertibkan APK liar di jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (1/3/2018). (Foto: istimewa)
Panwas Batu dan Satpol PP saat menertibkan APK liar di jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (1/3/2018). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Panwas Kota Batu menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Batu. APK itu terpaksa dicopot karena belum ada desain APK yang ditentukan dan persetujuan tertulis dari Komisi Pemilihan Umum, Kamis (1/3/2018). 

Ragam APK liar yang ditertibkan. Antara lain terdiri dari baliho, banner, dan spanduk. 

Seperti halnya di jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Banner yang terpasang itu merupakan gambar dari pasangan Calon Gubernur Jatim nomor 1 yakni Khofifah Indar Prawansa dan Emil Dardak.  

Sebelumnya Panwas sudah mulai melakukan penertiban sejak 15 Februari lalu. Dengan demikian hingga saat ini sudah ada sekitar 15 APK liar yang ditertibkan oleh Panwas. 

Sejumlah 15 APK liar itu diantaranya Banner ada 4, Baliho ada 6, dan Spanduk ada 5. APK liar itu berada di beberapa titik antara lain di Desa Oro-Oro Ombo, Kelurahan Songgokerto, kelurahan Temas, kelurahan Sisir, Desa Bulukerto, Desa Giripirno, Desa Junrejo, Desa Mojorejo, Desa Pendem, kelurahan Ngaglik, Desa Sumber Brantas dan Desa Tlekung. APK milik Paslon nomor 1 ada 5 buah, dan milik paslon 2 ada 10 buah. 

"Ini dianggap sebagai APK liar. Karena saat ini masih menunggu prosedur desain seperti apa yang akan ditentukan terkait APK dari KPU," ungkap Ketua Panwas Batu Abdur Rochman.

Ia menambahkan APK liar itu juga masih banyak ditemukan di titik-titik yang jauh dari keramaian tetapi sering dilewati oleh kendaraan. Seperti Jalan Abdul Ghani gang 2, Jalan Mbah Joyo Desa Bumiaji, jalan Sawahan Bawah Desa Beji dan sebagainya.

Ia mengatakan penertiban itu dilakukan karena belum ada keputusan dari KPU Jatim terkait desain untuk APK dan Alat Peraga Sosialisasi (APS). Nantinya jika sudah ada prosedur terkait APK dan Apa pemasangannya harus di lokasi yang sudah ditentukan.

Oleh sebab itu pihaknya akan terus menertibkan APK hingga ada keputusan dari KPU  terkait desain untuk APK. "Kami akan terus menertibkan sampai keputusannya ada," imbuhnya, 

"Dan saya menghimbau kepada relawan paslon atau tim sukses agar mentaati  peraturan yang telah ditentukan. Kami akan terus melakukan koordinasi dengan KPU," tambah Rochman.

Sementara itu, APK jenis Baliho ada lima buah. Lalu umbul-umbul berjumlah 30 buah dan terpasanga di masing-masing kecamatan di Kota Batu. Sementara, spanduk ada 24 buah di setiap desa dan kelurahan. 

Lainnya untuk APS jenis baliho ada dua buah. Spanduk 31 buah, dan umbul-umbul 67 buah. Nantinya, APK dan APS akan dipasang di beberapa titik. Antara lain di Songgoriti, Pertigaan Bendo, Perbatasan Malang-Batu, Pertigaan Gunungsari dan Sumberejo, dan Sisi Timur Stadion Brantas.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->