Ingin Jadi Duta Wisata Kota Batu 2018-2020? Jangan Lupa Lengkapi Berkas Ini

ilustrasi
ilustrasi

BATUTIMES - Bagi kalian yang ingin menjadi duta wisata Kota Batu, ayo segera daftarkan diri sebagai Kangmas-Nimas periode 2018-2020. Pendaftaran sudah dibuka mulai 19 Februari lalu hingga 30 Maret 2018 mendatang di Kantor Dinas Pariwisata Kota Batu, Balai Kota Among Tani, gedung A lantai 2, Jl Panglima Sudirman, Desa Pesanggrahan.

Bagi kalian yang tertarik mengikuti ajang bergengsi dua tahunan di Kota Batu ini, jangan lupa lengkapi persyaratannya. Antara lain fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM, atau KTM. 

Syarat lainnya: pria atau wanita, belum menikah berusia 16-24 Tahun. Berdomisili di Malang Raya minimal sampai tahun 2020. Lalu sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dan masalah hukum.

Pendaftar juga diminta membawa foto dengan mengenakan pakaian formal. Ketentuannya, untuk close up (berwarna ukuran 4R) sebanyak 2 lembar dan pas photo (ukuran 4 x 6 ) sebanyak 3 lembar. Kemudian diwajibkan untuk membuat esai berisi kepariwisataan di Kota Batu serta surat izin orang tua terlampir pada formulir.

“Jangan ketinggalan mengisi formulis yang bisa di-download di https://drive.google.com/file/d/1DHLuiqvNDRlGhrj-KWaFR5cAcMOCHyau/view?usp=drivesdk (link on bio) dan atau langsung di tempat pendaftaran. Dan jangn lupa lampirkan berkas-berkas dan foto,” ungkap Jeremy Nata, jawara Kangmas 2016.

Ia menjelaskan, usai pendaftaran! ada tahapan selanjutnya. Yakni technical meeting bakal berlangsung pada 7 April. Dilanjutkan dengan interview 8 April, uji talenta pada 14 April. Lalu masa karantina 3-5 Mei dan grand final 5 Mei.

Menurut Jeremy, yang ingin mendaftar harus memiliki ide-ide kreatif, strategi, serta turut mengambil langkah untuk gerakan masyarakat Kota Batu sadar wisata. Terutama tentang sapta-pesona, terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Ia menambahkan, dalam perhelatan duta wisata 2018 ini, ada yang spesial. Sebab, Kota Batu menjadi tuan rumah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Nantinya para peserta akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Ada pula Festival Brantas yang juga melibatkan Kangmas-Nimas. 

“Bedanya dari ajang Kangmas-Nimas sebelum-sebelumnya, tahun ini lebih spesial karena banyak kegiatan nasional hingga lokal yang menarik,” kata alumnus SMAN 1 Batu itu.

Sebelumnya Kangmas-Nimas bersama Dinas Pariwisata Kota Batu telah melakukan roadshow khususnya di sekolah-sekolah Kota Batu. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar guna menunjukkan kemampuannya memajukan pariwisata Kota Batu. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->