17 Tahun Tertinggal, Akhirnya Kota Batu Lolos Juga Tahap Pertama Penilaian Adipura

Monumen Adipura Kota Batu yang diperoleh tahun 1994 di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Monumen Adipura Kota Batu yang diperoleh tahun 1994 di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Kota Batu punya secercah harapan untuk meraih penghargaan bergengsi di bidang lingkungan Adipura. Kota Dingin ini akhirnya lolos pada tahap pertama penilaian Adipura. Impian dapat meraih piala Adipura ini memang sangat dinantikan oleh Kota Batu. 

Apalagi, sejak berdirinya Kota Batu pada tahun 2001 atau selama 17 tahun belum pernah mengantongi Adipura. Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Usai tahap pertama lolos, selanjutnya Kota Batu harus mengikuti verifikasi tahap kedua yang bakal dilaksanakan diperkirakan pada bulan Maret ini.

"Sangat bersyukur bisa lolos di tahapan pertama ini. Karena memang sebelum-sebelumnya belum lolos tahap pertama. Selanjutnya masih menghadapi verifikasi di tahap ke dua. Karena memang kami sudah mendambakan hal ini," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq.

Arief menjelaskan jika monumen Adipura yang berada di Alun-Alun Kota Batu diperoleh pada tahun 1994. Dengan lolosnya di tahap pertama ini, dia yakin di tahun 2018 Kota Batu bisa meraih Adipura.

Meski menurutnya untuk melaju di tahap kedua bukanlah hal yang mudah. Karena itu, pihaknya akan meningkatkan pada sarana dan prasarana untuk poin-poin dalam penilaian.

"Poin-poin yang dinilai itu mulai dari sarana prasarana di sekolah, puskesmas, pasar hingga terminal," imbuhnya.

Menurutnya keterlibatan dan sinergitas antara masyarakat, institusi sangat dibutuhkan. Karena itu juga dia berharap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai atau lingkungan. 

"Saya minta kerjasama nya dengan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Dan kami sangat membutuhkan kerjasama itu," jelas warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Untuk menyongsong Adipura, sebelumnya DLH Kota Batu telah memprogramkan pengadaan tong sampah yang akan diletakkan disudut-sudut kota di Kota Batu. Tujuannya untuk memaksimalkan penilaian. Dia berharap sarana dan prasarana bisa terpenuhi sebelum penilaian tahap kedua.

"Semoga tahap awal lolos ini bisa membawa lolos hingga tahap akhir. Karena kita terus memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada," harapnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Aditya Fachril Bayu
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->