Dispendukcapil Sambang Sekolah, Apa yang Dilakukan?

Salah satu siswi saat melakukan proses perekaman di SMAN 2 Batu, Selasa (6/3/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu siswi saat melakukan proses perekaman di SMAN 2 Batu, Selasa (6/3/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Untuk mempercepat pendataan pemilih pemula,  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu melakukan jemput bola di sekolah-sekolah Kota Batu. Percepatan itu dilakukan agar para pemilih pemula itu bisa memilih dalam Pemilihan Gubernur 2018 pada bulan Juni mendatang. 

Seperti halnya di SMAN 2 Kota Batu para pelajar kelas XII itu melakukan perekaman Elektronik KTP, hanya dengan membawa Kartu Keluarga dalam melakukan proses perekaman langsung mendapatkan selembar surat keterangan (suket) KTP. Tetapi mereka harus melakukan foto terlebih dahulu.

Setelah melakukan perekaman foto, mereka diminta untuk tanda tangan. Kemudian hingga cap jari. Setelah itu hanya menunggu sebentar saja mereka bisa menerima suket

Pelajar kelas XII Rahmania Triyastiningsih mengatakan pelayanan jemput bola sangat membantu dalam melakukan perekaman E-KTP. Di usianya yang saat ini menginjakkan 18 tahun karena disibukkan dengan bersekolah hingga sore sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus E-KTP. 

“Sangat membantu dan mempermudah kami sebagai pelajar yang sekolahnya sampai sore dan kalau ke Dispendukcapil pasti sudah tutup tentunya,” ungkap Nia kepada BatuTIMES. 

Selain itu, dengan memiliki E-KTP lanjut Nia, bisa membuatnya mengikuti ajang demokrasi pemilihan gubernur 2018. “Kalau sudah terekam seperti ini ya tentunya senang bisa ikut msncoblos nanti di Pilgub 2018,” tambahnya usai melakukan perekaman E-KTP.

Sedangkan untuk perekaman E-KTP di SMAN 2 Kota Batu berlangsung sejak 6-8 Maret nanti. Hingga saat di Dispendukcapil Kota Batu sudah mendatangi empat sekolah lainnya, antara lain SMAN 1 Kota Batu, SMA Immanuel, MAN, dan SMA Islam Hasyim Asy'ari.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Kependudukan Dispendukcapil kota Batu Djoko Purnomo menjelaskan, SMAN 2 Kota Batu merupakan sekolah ke lima yang didatangi oleh Dispendukcapil Kota Batu. Rencananya pihaknya akan secepatnya mendatangi seluruh sekolah SMK/MA/SMA.

“Kami sudah melakukan perekaman di empat sekolah. Ini yang ke lima, secepatnya kami akan mendatangi sekolah-sekolah lainnya. Untuk jatah satu sekolah itu tiga sampai empat hari melihat jumlah siswanya,” kata Djoko. 

Ia menambahkan pslayanan jemput bola ini untuk mempercepat pendataan pemilih pemula di Kota Batu. Agar jumlahnya mencapai target untuk pemilihan pilgub 2018 mendatang.

“Jemput bola ini kami lakukan untuk mengejar masyarakat yang berpotensi sebagai daftar pemilih di Kota Batu,” imbuhnya.

Menurutnya hingga empat sekolah yang didatangi sudah terdata kurang lebih 400 yang melakukan perekaman E-KTP. Tentunya jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena banyak sekolah yang belum terjamah

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->