Pemkot Batu Ingin Rebut Aset Songgoriti dari Pemkab Malang, Apa Alasannya?

Area tanah beserta bangunan Songgoriti Resort Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu yang masih menjadi aset Pemerintah Kabupaten Malang. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Area tanah beserta bangunan Songgoriti Resort Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu yang masih menjadi aset Pemerintah Kabupaten Malang. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Hingga saat ini nasib tanah beserta bangunan Songgoriti Resort Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu masih milik Pemkab Malang. Padahal letaknya berada di kawasan Kecamatan Batu, Kota Batu. 

Karena itu Pemkot Batu serius untuk mengambil alih aset yang seharusnya milik Pemkot Batu. Ya sejak tahun 2017 Pemkot Batu telah menyerahkan Surat Kuasa Khusus kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu untuk mendalami kasus ini.

“Songgoriti masih lebih didalami lagi terkait aset beserta bangunan. SKK dari inspektorat baru masuk pada tahun 2017 lalu,” ungkap Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejaksaan Negeri Kota Batu, I Nyoman Sugiartha, Kamis (8/3/2018).

Ia menambakan Kota Batu lepas dari Kabupaten Malang sejak tahun 2011 silam, namun saat itu memang tidak menyantumkan Songgoriti ke dalam Kota Batu. Karena itu yang jadi alas hukum Kabupaten Malang. 

“Dalam Surat Keterangan pembentukan Kota Batu saat itu tidak menyantumkan Songgoriti. Memang gak ada Songgoriti,” imbuhnya saat ditemui di kantornya.

Menurutnya kasus ini masih terus didalami. Di sini pihak Kejari akan memberikan solusi untuk mencari titik terang dalam masalah aset ini. Kalau bisa perlu adanya duduk bersama antara Pemkot Batu dan Pemkab Malang. “Dalam kasus ini semoga kami usahakan tahun 2018 bisa selesai,” harap pria asal Bali. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Zaldi Deo
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->