Akhirnya Pedagang Unit Sayur Pasar Batu Bakal Tempati Bangunan Baru

Bangunan baru unit sayur Pasar Batu dibangunan dengan satu lantai di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Bangunan baru unit sayur Pasar Batu dibangunan dengan satu lantai di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Akhirnya setelah penantian cukup lama pedagang unit sayur Pasar Besar Kota Batu bakal segera menempati bangunan baru. Tetapi masih belum diketahui kapan pedagang akan pindah.

Meskipun demikian pedagang bersama Pemkot Batu telah melakukan kesepakatan dengan penandatanganan penempatan kios baru. Tetapi penempatan bedak baru ini sifatnya hanya sementara atau tidak tetap. 

Ya untuk sementara para pedagang unit sayur itu bisa menempati kios baru. Mengapa hanya sementara? Sebab rencana awal Pemkot Batu, para pedagang itu mulanya akan menempati setelah pembangunan pada tahap dua selesai.

Alasannya agar pembangunan tahap dua itu tidak terganggu dengan aktivitas perdagangan. Namun karena pedagang sudah tidak betah tinggal di bedak relokasi, akhirnya mereka memberanikan untuk mengirimkan surat kepada Pemkot Batu.

“Kami mengirimkan surat agar bisa pindah dari bedak relokasi sebab tempatnya sudah gak layak dan akhirnya disepakati dengan adanya penandatanganan itu. Tapi sifatnya sementara saja,” ungkap Koordinator unit Sayur, Agus Yulianto, Sabtu (10/3/2018).

Totalnya nanti yang akan menempati kios baru itu ada 52 pedagang. Ya mereka bisa menempati sementara bangunan yang menghadap keluar. Sedangkan di tengahnya dilakukan pembangunan tahap ke dua dengan pemasangan atap.

Diketahui dalam pembangunan tahap pertama, pasar yang dibangun satu lantai itu jumlah bedak pedagang dengan ukuran 3x5 meter ada 40 unit. Bedak berukuran 3x3 meter sejumlah 96. Dengan demikian totalnya 136 unit kios yang saat ini sudah siap untuk ditempati oleh para pedagang. 

Menurutnya penempatan nanti sesuai dengan urutan menempati bedak reloaksi. “Tapi juga dilihat dulu sesuai dengan kebijakan oleh UPT Pasar Batu,” imbuhnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Chairul Sjarif Tartilla menjelaskan pada bulan Maret ini pengadaan lelang pembangunan pasar sayur tahap dua akan dimulai. Anggaran yang digelontorkan untuk tahap dua ini Rp 5 Miliar. 

“Pembangunan tahap dua ini akan dimasukkan ke pengadaan atau lelang. Karena pembangunan pasar unit sayur ini bukan pembangunan multiyears,” ujar Chairul.

Ia menambahkan bahwa selain pemasangan atap di bagian tengah pasar, juga dilakukan pemasangan bedak-bedak. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->