BNN Kota Batu Bangun Rumah Tahanan Narkoba, Alasannya....

Rencana pembangunan rutan di arena belakang Kantor BNN Kota Batu di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Rencana pembangunan rutan di arena belakang Kantor BNN Kota Batu di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Rumah tahanan (rutan) di Kota Batu bakal bertambah. Namun, rutan baru ini bakal dihadirkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, untuk para pengguna narkoba.

Rutan khusus ini dibangun karena BNN Kota Batu untuk mempermudah melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka dalam kasus narkoba di Kota Batu. "Selama ini, setelah kami melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka, penahanan dititipkan di Polres Batu. Karena itu, supaya tidak perlu menitipkan, ada rencana bangun rutan sendiri,” ungkap Kompol Edi Hariyadi Karika, kepala seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Kota Batu. 

Rencananya rutan itu akan dibangun tepat berada di lingkungan belakang kantor BNN Kota Batu. Dengan dibangunnya rutan itu, penahanan tersangka narkoba tidak perlu lagi dititipkan di Polres Batu.

Tidak hanya tempat menahan tersangka pengguna narkoba, rumah tahanan itu juga bisa difungsikan untuk melakukan rehabilitasi. Selain itu, bisa digunakan sebagai ruang sosialisasi bahaya narkoba. "Selain jadi ruang tahanan, bisa digunakan juga tempat rehabilitasi. Dan rencananbya bisa dipakai untuk ruang sosialisasi bahaya narkoba,” jelas Edi. 

Menurut dia, rencana pembangunan rutan itu sudah dikomunikasikan dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. “Wali kota Batu sudah setuju. Rencananya anggaran untuk pembanganun ini dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” tambahnya. 

Selain itu, pembangunan rutan ini akan meibatkan dinas terkait di Kota Batu. Yakni Dinas Sosial Kota Batu dan Dinas Kesehatan Kota Batu untuk mempermudah proses rehabilitasi. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->