Ikan Koi Ratusan Juta Hadir di National Koi Show Jatim Park 2

Deretan ikan koi yang dilombakan dalam National Koi Show di Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Deretan ikan koi yang dilombakan dalam National Koi Show di Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Sedikitnya ada 18 varietas dari seribu koi yang mengikuti perlombaan dalam National Koi Show di Jatim Park 2. Tentunya koi-koi yang beradu kecantikan itu memiliki harga yang fantastastik dari seribu koi yang dilombakan.

Ikan koi yang merupakan peserta National Koi Show ini untuk ukuran 15 centimeter dengan kualitas terbaik mulai harga Rp 500 ribu hingga Rp satu juta per ekor. Sedangkan untuk ukuran 75 centimeter dengan kualitas terbaik memiliki harga hingga ratusan juta.

Lalu apa yang membuat ikan-ikan koi itu memiliki harga yang fantastis? Ya dilihat dari segi kesempurnaan tubuh koi, kualitas skin, pola warna dari koi. Semakin bentuk tersebut mendekati tiga poin itu, daya jualnya akan semakin tinggi.

Ketua pelaksana National Koi Show 2018 FX Yanuar Wahyu mengatakan, ikan yang berasal dari Negeri Sakura sering menang pada setiap even juga akan bertambah harga jualnya. Ia mencontohkan koi yang memiliki warna tubuh putih kemudian tepat di kepala memiliki warna merah dengan bentuk bulat seperti bendera Jepang itu memiliki harga yang tinggi.

“Kalau bentuk warna dan bentuknya bagus, harganya benar-benar mahal. Karena memang akan jarang menemukan yang seperti itu,” ujar Yanuar, Minggu (8/4/2018).

Selain itu, ada lelang ikan koi. Lelang ini juga sudah banyak dinantikan oleh para penghobi yang datang dari berbagai daerah Malang Raya, Jakarta, Bandung, Semarang, Makassar, Bali, Pontianak dan berbagai daerah lainnya di Indonesia. 

Lelang dimulai dari harga Rp 0, Rp 10 ribu atau Rp 100 ribu. Harga tersebut dilihat dari jenis dan kualitas yang dimiliki penghobi. Kebanyakan harga fix penawaran ini terjual Rp 10 juta hingga Rp 15 juta untuk ukuran 45-60 centimeter. 

“Lelang ini digelar untuk mengapresiasi ikan tentunya. Lalu juga melihat harga jual dari ikan tersebut,” jelas mantan pemain Persela Lamongan ini.

Sementara itu, ada pula stan-stan dari komunitas pencinta ikan yang ikut meramaikan Koi Show 2018. Di sini pengunjung juga bisa mendapatkan ikan atau kebutuhan dalam memelihara ikan.

Ia pun berharap ke depannya acara Koi Show ini akan menjadi acara tahunan yang dapat meramaikan Jawa Timur Park 2 khususnya Jawa Timur Park Group serta kota wisata Batu dan Malang Raya. “Ke depannya semoga acara ini jadi even tahunan. Dan banyak koi yang menarik,” harap Yanuar. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com