Tiga Aplikasi Batu Among Tani Technology Sudah Ready

Tampilan awal aplikasi Among Tani, Among Kota dan Among Warga.
Tampilan awal aplikasi Among Tani, Among Kota dan Among Warga.

BATUTIMES - Lengkap sudah aplikasi Smart City Kota Batu. Kendala untuk mengunduh aplikasi Among Warga kini sudah terpecahkan. Saat ini, aplikasi itu sudah bisa diunduh masyarakat di Playstore. Aplikasi ini adalah salah satu program smart city yang digadang-gadang dengan nama Batu Among Tani Technology.

Program Pemkot Batu yang menelan anggaran Rp 10 Miliar ini akhirnya bisa digunakan dan diunduh seluruhnya. Dari tiga aplikasi ini, dua di antarnya sudah lebih dahulu digunakan yakni Among Tani dan Among Kota.

"Kalau terakhir Among Warga masih belum bisa diunduh, sekarang sudah bisa di Playstore. Masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi ini," ungkap Siswanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu.

Batu Among Tani Technology terdiri dari tiga aplikasi. Pertama, among tani yang ditujukan kepada petani. Kedua, among warga yang digunakan untuk menghubungkan warga dengan pemerintah dan instansi terkait. Sedangkan ketiga among kota, yakni memberikan seluruh informasi terbaru tentang Kota Batu.

"Jadi yang membutuhkan bantuan atau keluhan bisa diinformasikan melalui aplikasi ini, yang nantinya akan disalurkan kepada dinas terkait," katanya Minggu (8/4/018).

Ia menambahkan dalam aplikasi ini, warga bisa mengirimkan detail lokasi, serta mengirimkan foto untuk melengkapi laporan. Sehingga masyarakat harus detail mengisi laporan.

Tidak hanya warga sekitar Kota Batu, namun seluruh orang bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi ini. Terlebih jika membutuhkannya di Kota Batu bisa dimanfaatkan.

Sementara itu, smart city merupakan kota cerdas dengan konsep pengelolaan kota dibantu dengan teknologi informasi secara efektif. Namun, konsep smart city lebih diutamakan pada bidang pertanian.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com