Inilah Empat Dapil Kota Batu untuk Pemilu 2019

Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BATUTIMES - Bertambah jumlah daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Batu. Kenaikan jumlah dapil yang diikuti alokasi jumlah kursi itu diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 4 April 2018 lalu.

Jika pada  pemilu sebelumnya hanya ada tiga dapil, kini bertambah menjadi empat dapil di Kota Batu. Penambahan satu dapil itu dikarenakan bertambahnya penduduk di Kota Batu, yakni hingga 203.214 jiwa. 

Formasi empat dapil Kota Batu dalam Pemilu 2019 adalah dapil Kota Batu 1 dengan alokasi 7 kursi, mencakup Kelurahan Ngaglik, Desa Pesanggrahan, Desa Sidomulyo, Desa Songgokerto, dan Desa Sumberejo.

Lalu dapil Kota Batu 2 dengan alokasi 7 kursi, meliputi Desa Oro-Oro Ombo, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Temas. Sedangkan dapil Kota Batu 3 dengan alokasi 7 kursi terdiri atas Kecamatan Junrejo. Dan untuk dapil Kota Batu 4 dengan alokasi 9  kursi meliputi Kecamatan Bumiaji.

Ketua KPU Kota Batu Rochani mengatakan, alokasi kursi anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu 2019 ditetapkan berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 278/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018. Yakni sebanyak 30 kursi terdistribusi dalam 4 dapil.

“Sebelumnya kami telah memberikan beberapa usulan terkait empat dapil Kota Batu yang melibatkan pertimbangan dari beberapa masyarakat dan pakar politik. Usulan ini juga sudah melalui tahapan pemetaan dan mempelajari data wilayah serta kependudukan,” kata Rochani, Senin (9/4/2018).

“Dari beberapa usulan. akhirnya menemukan satu formasi yang kemudian KPU Kota Batu  melaporkan kepada ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim. Dan  KPU RI telah melakukan penataan untuk DPRD Batu di tahun 2019 pada 4 April lalu,” imbuhnya. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->