Musim Pancaroba, Tanaman Sawi Manis di Kota Batu Diserang Ulat Ganas

 Tanaman sawi manis yang ditanam di Dusun Besul, Kelurahan temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Tanaman sawi manis yang ditanam di Dusun Besul, Kelurahan temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Ulat tritip atau ulat perusak daun merupakan ulat yang menyerang sayur sawi manis. Di musim pancaroba ini hama ulat menjadi momok bagi para petani Kota Batu. 

Petani sayur Dusun Besul, Kelurahan temas, Kecamatan Batu Kotib menjelaskan, saat musim pancaroba ini hama ulat sangat ganas menyerang sawi manis. Sehingga perawatan yang dilakukan pun harus dengan ekstra penyemprotan dan penyiraman satu minggu dua kali.

“Kalau biasanya hanya satu kali seminggu, sekarang penyemprotan pestisida harus dua sampai tiga kali. Ya supaya tidak parah makannya,” ungkap Kotib, Senin (9/4/2018).

Menurutnya, jika hama ulat tidak segera diatasi akan menyerang dengan cepat tanaman lainnya. Sebab ulat ini merupakan hama yang berbahaya bagi sawi manis.

“Memang hama ulat ini sangat cepat menyerang sayuran sawi manis,” jelas bapak 64 tahun ini.

Namun ada cara untuk pengendalian hama ini yakni dengan menanam hanya pada waktu musim hujan karena populasi hama paling rendah. Lalu mencegahnya dengan menggunakan insektida sistemik sebanyak tiga kali seminggu.

Walapun sudah dilakukan perwatan rutin, sawi manis yang diserang ulat ini selain daunnya habis dimakan, tanaman juga menjadi rusak dengan adanya sisa-sisa kotoran bekas ulat di atas daun.

“Walapun terkena hama ulat ini, saya tetap memilih menanam satur sawi karena memiliki waktu tanam yang singkat,” ungkap Kotib saat diwawancarai siang kemarin.

Ia menambahkan sawi manis memiliki masa panen 40 hari. Akibat serangan ulat ini lahan seluas 250 meter persegi hanya dapat memanen 15 kilogram. Padahal biasanya hasil panen bisa sampai 30 kilogram.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com