Surat Kemendagri Tak Keluar Minggu Ini, Penunjukan Sekda Kota Batu Dianggap Disetujui

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Hingga saat ini Pemkot Batu belum menerima izin terkait pemilihan pejabat sementara (Pjs) untuk sekretaris daerah (sekda) Kota Batu. Rencananya izin itu akan diberikan pada minggu ini dari Kementerian Dalam Negeri.

“Insya Allah izin akan diberikan pada minggu-minggu ini. Tapi untuk harinya kapan, masih belum tahu itu,” ungkap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Selasa (10/4/2018).

Hingga saat ini posisi sekda Kota Batu masih dijabat oleh Alwi. Padahal seharusnya  saat ini Alwi sudah kembali pada masa jabatannya sebelumnya. Selain menjadi plt sekda Kota Batu, dia menjabat sebagai staf ahli gubernur Jatim bidang pemerintahan hukum politik.

Ia menjelaskan, nantinya yang akan mengisi kekosongan jabatan sekda adalah pejabat sementara. Penunjukan pejabat sementara sekda Kota Batu ini akan dipilih oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dari kalangan internal Pemkot Batu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkot Batu Wiwik Sukesi menjelaskan, jika izin dari Kemendagri pada Minggu ini tidak kunjung keluar, berarti pemilihan pejabat sementara sekda dianggap setuju. “Jika dalam minggu ini belum keluar dari Kemendagri, maka dianggap setuju. Sehingga kami akan melaksanakan pelantikan pejabat sementara sekda Kota Batu,” ujar Wiwik.

Nantinya pjs sekda Kota Batu ini akan menjabat selama tiga bulan. Pemkot  menargetkan 3 bulan sejak menjabatnya pjs sekda, sekda definitif sudah dilantik. 

Sedangkan untuk persiapan proses lelang jabatan dalam tahap menunggu perizinan dari Kementerian Dalam Negeri. Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah siap membuka lelang jabatan ini. Salah satunya yakni dari faktor persiapan tim panitia seleksi (pansel) juga sudah ada.

“Kami sudah siap untuk melakukan lelang jabatan. Hanya menunggu surat dari Kemendagri saja ini. Begitu turun langsung akan membuat perwali Pansel,” tambahnya.

Ia menjelaskan lelang jabatan ini tidak hanya mengisi kekosongan sekda Kota Batu saja, tapi juga jabatan lainnya yang kosong. Antara lain kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) serta kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang. Selanjutnya ada kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan serta Dinas Pariwisata. Sementara ini jabatan itu diisi oleh plt. (*) 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->