Angka Pengangguran Sentuh 4.000, Pemkot Batu Ambil Langkah Ini

Salah satu peserta sedang mengikuti tahapan seleksi di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/4/2018). (Foto: istimewa)
Salah satu peserta sedang mengikuti tahapan seleksi di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/4/2018). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Angka pengangguran di Kota Batu hingga saat ini tercatat kurang lebih 4 ribu jiwa untuk usia produktif. Untuk menekan angka tersebut Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) Kota Batu menggelar pembinaan dan pelatihan khususnya bagi warga Kota Batu.

Pelatihan itu ditujukan langsung bagi mereka lulusan SMA/SMK ataupun yang belum mendapatkan pekerjaan. Hanya saja, untuk bisa mengikuti pembinaan dan pelatihan dari DPMTK ini para peserta harus lolos tahap seleksi terlebih dahulu yang digelar di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/4/2018).

“Gak semua bisa mengikuti pembinaan dan pelatihan. Tapi ini masih kami seleksi terlebih dahulu,” kata Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja DPMTK Kota Batu Diana Farianto.

Seleksi ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya. Rencananya hanya 80 peserta saja yang akan lolos seleksi. Kemudia akan menjalani pelatihan.

Nantinya usai melaksanakn pelatihan akan dipilih 20 peserta terbaik mendapatkan peluang magang di hotel Kota Batu. “Yang kemungkinan besar akan bisa direkrut oleh hotel yang bersangkutan,” imbuhnya.

Menurutnya para peserta itu akan mendapatkan pelatihan di bidang perhotelan saja, tapi tahun ini juga dibuka pelatihan di bidang barbershop. Bahkan nantinya para peserta yang lulus akan diberi alat peralatan potong rambut. “Sehingga bagi mereka yang serius bisa membuka usaha sendiri,” jelas Diana.

Ia menambahkan program ini salah satu cara untuk menekan angka pengangguran di Kota Batu. Sekaligus memberikan bekal sebelum bekerja agar memiliki pengalaman sebelum masuk dunia kerja.

Hingga tahap seleksi ini terlihat para peserta sangat semangat agar bisa mengikuti tahapan berikutnya. Apalagi kebanyakan dari mereka usai menjalani ujian nasional. 

Karena itu mereka berharap lewat pelatihan ini akan mendapatkan pengalaman dan mampu meningkatkan kemampuan di bidang perhotelan atau barbershop. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com