19 Kelompok Guru Kota Batu Beradu Keindahan Senam Irama Gembira

Salah satu kelompok TK/RA/PAUD uji kebolehan di hadapan dewan juri di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (9/4/2018). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Salah satu kelompok TK/RA/PAUD uji kebolehan di hadapan dewan juri di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (9/4/2018). (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Sejumlah 19 sekolah TK/RA/PAUD tenaga pendidik sambil mengenakan baju dengan beragam corak warna memadati Graha Pancasila, Selasa (10/4/2018). Ternyata mereka sedang beradu kelihaian lomba senam Irama Gembira.

Perlombaan ini digelar untuk mencari yang terbaik dari 19 sekolah untuk mewakili Kota Batu dalam perlombaan di tingkag Provinsi Jawa Timur. Perlombaan ini tarian yang ditampilkan di hadapan para dewan juri adalah Senam Irama Gembira.

Seluruh peserta harus menarikan senam ini kurang lebih berdurasi selama tujuh menit. Senam ini memiliki beberapa lagu seperti ‘Desaku’ dan ‘Lihat Kebunku’.

Senam Irama Gembira ini menyuguhkan gerakan yang mudah, karena diperuntukkan untuk anak-anak. Antara lain terdiri dari empat gerakan mulai pemanasan peralihan, empat gerakan inti diselingi peralihan dan pendinginan. 

Hanya saja yang membedakan dari satu sekolah lainnya adalah formasi yang ditunjukkan tentunya berbeda-beda, namun gerakan tariannya serupa. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin mengatakan, jika perlombaan ini adalah untuk mempersiapkan peringatan Hari Anak Nasional 2018. “Yang nantinya akan dipersiapkan untuk perlombaan tingkat Provinsi Jatim. Sehingga saat ini Kota Batu mulai mencari yang terbaik dari yang terbaik,” ungkap Mistin. 

Sekaligus upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik dalam bidang seni di Kota Batu. Senam ini juga diterapkan kepada anak didik di sekolah.

Diketahui, sebelumnya sejumlah 300 guru itu telah menerima pelatihan beberapa kali yang digelar Dinas Pendidikan Kota Batu untuk mempersiapkan perlombaan dan melatih para anak didiknya.

“Sebelum lomba mereka terlebuh dahulu mengikuti pelatihan yang dipandu oleh instruktur yang menciptakan senam ini. Dan senam ini sekaligus untuk dilatihkan kepada anak-anak di sekolah,” tutup Mistin.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Zaldi Deo
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->