Jelang Pilgub, Ribuan Warga Batu Belum Punya E-KTP

Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Dalam satu hari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu mencetak blanko Eletronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) hingga 250 keping.

Meski demikian, hingga awal bulan April ini masih ada 1.308 warga wajib  yang masih belum melakukan perekaman.

Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono mengatakan, sejak awal bulan April dari data 1.308 warga wajib perekaman atau sebagai pemilih Gubernur 2018 mendatang, terus menyusut.

“Intinya kami bersama teman-teman dalam hal pilkada dan pileg, yang wajib E-KTP sudah terlayani,” kata Maulidiono, Kamis (12/4/2018).

Dari jumlah 1.308 warga waiib E-KTP itu sudah berkurang setengahnya. Sehingga kurang lebih masih ada 650 warga yang belum melakukan E-KTP.

Tentunya dengan hal tersebut Dispendukcapil tidak diam begitu saja, pihaknya juga telah melakukan jemput bola setiap harinya di beberapa sekolah di Kota Batu. 

“Sehari kami bisa mencetak sampai 250 keping blanko E-KTP. Jadi seminggu 1250 keping, sehingga dalam dua minggu bisa tuntas kalau dihitung secara matematika,” imbuhnya.

Ia menjelaskan tidak mudah bagi sebagian warga melakukan perekaman E-KTP, karena terkendala beberapa hal. Misalnya kesibukan pekerjaan di luar kota, sakit, penyandang difabel dan sebagainya. 

“Kalau sehari kami biasa melayani 100-150 warga, dan ini tidak tentu. Terkadang yang melakukan perekaman hanya beberapa saja,” ujar Maulidiono.

Ia yakin sebelum Pilgub 2018 nanti targetnya bagi wajib E-KTP sudah melakukan perekaman hingga mendapatkan E-KTP.

“Intinya kami punya target, sebelum Pilkada semua sudah melakukan perekaman E-KTP bagi yang wajib E-KTP,” tutupnya kepada BatuTIMES.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com