Rencana Miliki Mobil Tangga Tahun Ini, PMK Kota Malang Study Banding Ke Kota Batu

Para peserta study banding sedang mencoba menaiki mobil tangga di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (12/4/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES
Para peserta study banding sedang mencoba menaiki mobil tangga di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (12/4/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES

BATUTIMES - Mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Batu rupanya menarik perhatian petugas Pemadam Kebakaran tetangga sebelah, yakni Kota Malang dan Kabupaten Jember. Mereka terlihat serius menjajal mobil tangga pemadam kebakaran di Halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (12/4/2018).

Kegiatan mencoba mobil pemadang oleh 14 orang itu dala rangka study banding bersama Dinas Penanggulangn Kebakaran (DPK) Kota Batu.

Petugas pemadam dari UPT Damkar Satpol PP Kota Malang cukup serius untuk menimba ilmu di Kota Batu. Sebab pada tahun ini rencananya Pemkot Malang bakal memiliki mobil pemadam serupa. Hal itu dikarenakan Kota Malang memiliki lima gedung tinggi, dengan ketinggian tertinggi 15 lantai.

“Rencananya tahun ini kami akan memiliki mobil tangga pemadam kebakaran. Karena selama ini Kota Malang belum punya mobil tangga,” ungkap Jose Bello, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kota Malang.

Meski baru rencana lanjut Bello, perlu ada pelatihan terlebih dahulu untuk menguasai mobil tangga.  Apalagi sebelum memiliki mobil tangga, UPT Damkar Satpol PP Malang bakal menggelar pelatihan di gedung tertinggi.

“Kebetulan kami bersama PMK di Malang Raya sering koordinasi, sehingga saling membantu tidak hanya tenaga tapi juga saling berbagi ilmunya. Jadi ketika kita punya mobilnya mudah untuk menguasainya,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Tidak hanya bisa mengoperasikan mobil tangga, tetapi Sumber Daya Manusianya akan disiapkan. Rencananya nanti yang akan bertanggungjawab atau mengambil kendali ada delapan orang, juga dipersiapkan untuk sertifikasi.

“Nanti tidak hanya sekedar punya mobil, inginnya mereka yang mengoperasikan sudah punya sertifikasinya,” jelas Bello.

Banyak ilmu yang dibagikan kepada para peserta itu, mulai dari manajemen hingga cara mengoperasikan mobil tangga di halaman Balai Kota Among Tani

Sementara itu Santoso Wardoyo Kabid Kepala Bidang Operasional Kebakaran DPK Kota Batu menambahkan pelatihan itu berbagi pengetahuan sistem operasional pada mobil tangga. “Minimal sudah tahu sistemnya, salah satu yang diperlukan sebelum beli. Tahu dulu,” ujar Santoso.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Zaldi Deo
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->