Ayo Jaga Lingkungan, Ayo Bersih-bersih

Warga bersama aparat pemerintah Kota Batu tengah melakukan kerjabakti. (foto: DLH for BatuTIMES)
Warga bersama aparat pemerintah Kota Batu tengah melakukan kerjabakti. (foto: DLH for BatuTIMES)

KOTA BATU - Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terus mencoba menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Yakni dengan cara memosisikan aparat pemerintah di tingkat desa dan kecamatan bersama warga sebagai garda terdepan penjaga kebersihan.

Menciptakan gerakan aparat desa bersama masyarakat itu penting dilakukan  guna menciptakan kondisi Kota Batu bersih, sejuk, dan nyaman. Juga demi meraih penghargaan pemerintah, piala Adipura.

Arief As-Siddiq Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menyatakan, pihaknya kontinu menyuarakan kepada semua elemen masyarakat. Agar warga ikut  menjaga kebersihan.

Bersama pihak desa dan kecamatan, warga menjadi garda terdepan untuk membersihkan lingkungan. Minimal di sekitar lokasi tempat tinggalnya masing-masing.

Gerakan itu dimulai dengan program mengajak dan menyadarkan warga di tingkat RT, RW, serta desa/kelurahan.

"Dinas Lingkungan Hidup bersama aparat desa dan masyarakat berupaya menjaga kebersihan total. Agar Kota Batu semakin indah dan bersih. Tentu ini butuh kesadaran semua warga. Jangan sampai ada sampah menumpuk, tercecer dan terlihat kotor," kata Arief As-Siddiq, Kamis (12/4/2018).

Untuk melakukan pengawasan program, peran camat, aparat desa dan perangkat RT/RW dan warga juga sebagai ujung tombak. Sebab bila kondisi lingkungan setempat bersih, mereka jugalah yang lebih banyak mendapatkan manfaatnya.

Lokasi-lokasi penting yang harus dijaga oleh aparat desa dan warga setempat adalah aliran sungai, selokan, tempat umum, jalan dan pasar.

Lalu untuk instansi yang harus bersih adalah sekolah dan perkantoran. Berikutnya tempat ibadah, hotel, alun-alun, serta jalan raya. Untuk lokasi-lokasi umum, selain petugas kebersihan, warga sebaiknya juga peduli dalam menjaga kebersihan.

"Tentu program mulia ini bertujuan agar Kota Batu bisa meraih Adipura. Makanya, kami libatkan semua unsur. Misalnya ada putung rokok, ambil, taruh di tempat sampah. Ayo jaga lingkungan. Ayo bersih-bersih," tegas pria yang tinggal di Jalan Sutan Halim, Kelurahan Sisir ini.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga mengajak semua komunitas dan kelembagaan masyarakat untuk peduli lingkungan dan sadar akan sampah. Misalnya ormas keagamaan, komunitas pemuda, komunitas penghobi, dan siswa sekolah.

"Juga kampanye intens, terjunkan ratusan personil saber pungut sampah dan mendorong ketersediaan sarana tempat sampah beserta kendaraan operasional persampahan," tegas mantan lurah Sisir ini. (*)

Pewarta : Muklas
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com