Wali Kota Batu Bakal Wajibkan Hotel Pekerjakan ABK, Peraturannya Akan Segera Disusun

Kebersamaan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama penyandang ABK saat berada di rumah Yayasan Anugerah Kota Batu. (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)
Kebersamaan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama penyandang ABK saat berada di rumah Yayasan Anugerah Kota Batu. (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)

BATUTIMES - Bentuk kepedulian Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) cukup besar. Ya Dewanti mengimbau bagi hotel-hotel di Kota Batu untuk memperkerjakan para ABK.

“Kalau bisa setiap hotel di Kota Batu ini harus adalah pekerjanya dari ABK. Setidaknya di setiap hotel ada satu,” ungkap Dewanti, Sabtu (14/4/2018).

Imbuan itu diberikan sebab Dewanti bakal memberlakukan peraturan terkait ketenagakerjaan bagi penyandang cacat di Kota Batu. Karena itu, pemerintah dan swasta wajib mempekerjakan penyandang cacat minimal satu persen. 

Setidaknya saat ini Dewanti sudah mulai memperkerjakan tiga orang ABK di Pemkot Batu. Satu diantaranya selalu bersama Dewanti dalam setiap kegiatan menjadi fotografer.

“Imbauan ini saya berikan karena akan menerapkan peraturan yang sudah ada tentang hak ketenagakerjaan ABK. Sehingga saya meminta kali ini kepada hotel di Kota Batu mempekerjakan ABK,” katanya saat ditemui di rumah Yayasan Anugerah Kota Batu. 

Hanya saja, Dewanti menyadari bahwa tidak mudah untuk mendapatkan ABK dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Karena itu, nantinya ABK yang akan bekerja akan diberi pelatihan terlebih dahulu. Sebab tidak semua yang berkebutuhan khusus bisa masuk dunia kerja.

“Kami motivasi kalau keluarga yang berkebutuhan khusus agar terus mendidik, karena apapun mereka punya kesempatan bekerja, meski tidak pegawai negeri, hotel InsyaAllah. Karena aturannya 1 persen,” ujar politisi PDIP ini.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Zaldi Deo
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->