Tak Muluk-Muluk, Wali Kota Batu Dewanti Minta Satu Kecamatan Punya Wisata Unggulan

Salah satu potensi desa wisata yakni bukit teletubis di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu potensi desa wisata yakni bukit teletubis di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Rupanya Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tidak ingin muluk-muluk dalam merancang wisata unggulan di Kota Batu. Setiap desa atau kelurahan harus memiliki desa wisata.

Ia menginginkan setiap kecamatan memiliki satu potensi yang menjanjikan.

“Ibu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ingin tidak perlu buat desa wisata. Masing-masing saja tapi jelas,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Kota Batu memiliki tiga kecamatan, yakni Batu, Junrejo, dan Kota Batu. Jika masing-masing kecamatan itu sudah dipusatkan dan fokus pada satu daerah tersebut bisa dianggarkan setiap tahunnya.

“Kalau fokus ditata dengan baik, fokus, dan jelas nantinya oleh Bu Dewanti akan dianggarkan untuk pengembangan wisata tersebut,” imbuhnya, Selasa (24/4/2018).

Ia menyontohkan, misalnya di Kecamatan Batu memiliki potensi apa saja di sana, ada Kelurahan Sisir yang kemudian bisa difokuskan di kelurahan tersebut. Yang kemudian bisa saling disinergikan.

Menurutnya, dengan memfokuskan setiap kecamatan memiliki wisata sebab untuk membangun desa wisata dengan matang tidak begitu mudah. Sebab harus diimbangi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat ini memang Pemkot Batu terus bekerja keras demi mewujudkan visinya yakni ‘Desa Berdaya Batu Berjaya’  karena itu beberapa desa terus memperbaiki dan menata peluang wisata yang ada daerahny. Sebab dari 19 desa yang ada tidak semuanya memiliki wisata.

Karena itu, Wali Kota Batu ingin satu kecamatan memiliki satu potensi yang diandalkan. Jika demikian bisa mendatangkan wisatawan dengan maksimal dapat dianggarkan oleh Pemkot Batu.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->