Gara-Gara Bibit, Petani Stroberi Berkurang

Tohiran saat merawat stroberi di lahan Dusun Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Tohiran saat merawat stroberi di lahan Dusun Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji memang sudah menjadi sentra petik stroberi. Hanya saja, hingga saat ini perkembangan pertanian stroberi semakin berkurang lantaran minimnya persediaan bibit.

“Di sini sekarang banyak yang pindah gak tanam stroberi. Karena bibitnya gak ada, jadi solusinya mereka tanam yang lainnya,” ungkap Tohiran, petani stroberi, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

Menurut Tohiran, saat ini tidak mudah mengembangkan bibit stroberi. Sebab hasil perkembangan tanaman stroberi sebelumnya saat musim penghujan tidak maksimal, karena itu yang menyebabkan bibit tanaman stoberi kualitasnya buruk.

“Karena sebelumnya kan musim hujan, ketika musim hujan itu tanaman perkembangannya buruk. Sehingga calon bibit yang akan dikembangkan tidak bisa maksimal,” imbuhnya, Minggu (29/4/2018).

Bagi para petani stroberi yang tidak menanam stroberi mereka berpindah menanam sayur. Sayuran yang ditanam meliputi bawang prei, andewi, jagung, sawi dan sebagainya. “Ada juga yang mulai beralih ke tanam bunga, seperti bunga krisan dan lain-lainnya,” jelas Tohiran kepada BatuTIMES.

Namun beberapa petani mulai berupaya untuk melakukan pembibitan dengan maksimal. Sebab saat ini kondisi cuaca kemarau, sehingga kesuksesan untuk pembibitan bisa lebih bagus.

“Sebagian petani ada yang pindah memaksimalkan tanaman mereka waktu musim penghujan lalu,” tambahnya.

Ia menambahkan untuk saat ini harga stroberi di tingkat petani Rp 30 ribu perkilogramnya, sedangkan untuk yang ingin petik stroberi Rp 50 Ribu perkilogramnya. Untuk masa panen di musim kemarau ini lebih cepat yakni 3 bulan.

“Kalau musim penghujan lebih lama, karena stroberi tidak tahan dengan air. Kena air gitu bisa busuk,” tutupnya.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Aditya Fachril Bayu
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->