6 Kijang Bakal Jadi Keluarga Baru Coban Putri

Salah satu spot swafoto bintang di Coban Putri. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu spot swafoto bintang di Coban Putri. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Tidak ingin tempat wisata terkesan banyak bangunan, Coban Putri di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, bakal menghadirkan satwa. Rencananya, didatangkan enam kijang.

Pada tahap awal itu, enam kijang bakal dilepasliarkan layaknya di habitat aslinya. Hanya, untuk saat ini pihak Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mengelola Coban Putri masih menunggu izin edar terkait hal tersebut.

“Beberapa rencana sedang kami laksanakan untuj mengembangkan wisata alam ini. Misalnya kami ingin menyuguhkan hewan kijang, tetapi sedang menunggu izin edarnya dulu,” ungkap Suwandi, ketua LMDH Desa Tlekung.

Tentunya jika izin edar dari pihak Perhutani Blitar sudah keluar, enam kijang bakal dihadirkan di Coban Putri. Rencananya enam kijang itu akan disebarkan di area taman di dekat air terjun. Dengan demikian, pengunjung yang datang nantinya bakal disambut dengan hewan tersebut. Pengunjung juga dibebaskan memberikan makanan kepada kijang. 

“Iya. Jadi, pengunjung bebas untuk memberikan makanan. Lalu juga bebas swafoto. Intinya bebas bercengkerama lebih dekat,” imbuhnya, Senin (7/5/2018).

Kijang itu dihadirkan sebagai salah satu sarana edukasi, supaya tidak melulu menghadirkan wahana yang bersifat bangunan. “Intinya kami nggak ingin melulu menghadirkan bangunan untuk wahana atau apa begitu. Bangunan kami bangun khusus untuk pengembangan toilet saja,” kata pria yang juga ketua LMDH Kota Batu ini.

Rencananya, lanjut Suwandi, tahap awal memang akan dihadirkan enam kijang. Namun selanjutnya akan ditambah. Lalu juga akan ditambah wahana seperti kolam renang, kolam pancing, hingga wisata kuliner atau pasar tempo dulu.

“Kami juga ingin menggerakkan masyarakat sekitar dengan menghadirkan wisata kuliner namun yang sifatnya kembali yang dulu. Itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung khususnya luar kota,” jelasnya kepada BatuTIMES. 

LMDH Tlekung tidak ingin mengecewakan pengunjung yang datang. Karena itu, selain dengan tarif harga yang murah, ada kesan yang maksimal dari pengunjung setelah menikmati Coban Putri. “Orang datang ke sini nggak sampai kapok,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga saat ini di sana sudah terdapat beberapa spot swafoto selain dua air terjun. Yakni spot swafoto bintang, tangan, dua ayunan, flying fox, camping ground, dan sebagainya. (*) 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->