Ada Pesona Kincir Angin Belanda di Wisata Edukasi Susu Batu

Pembangunan WESB masih terus berjalan saat ini sudah berjalan 70 persen letaknya di Jl Ir Soerkarno, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pembangunan WESB masih terus berjalan saat ini sudah berjalan 70 persen letaknya di Jl Ir Soerkarno, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Proses pembangunan Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Jl Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo sudah mencapai 70 persen. Bangunan-bangunan itu sudah terlihat bentuknya dengan tema negara kincir angin Belanda.

“Iya proses pembanguna terus berjalan sampai saat ini dan sudah mencapai 70 persen, tinggal finishing saja,” ungkap Ketua KUD Batu Ismail Hasan, Senin (7/5/2018).

Dari proses pembangunan 70 persen itu sudah terlihat tiga bangunan dengan konsep bangunan kincir angin yang diadopsi dari Belanda. Tema itu diangkat agar mampu menarik para wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata edukasi ini.

“Memang bangunan yang kita bangun ini mengadopsi dari negara kincir angin yakni Belanda. Supaya menarik perhatian wisatawan,” imbuhnya kepada BatuTIMES. 

Selain berkonsep bangunan Belanda, sebagian bangunan lainnya dibuat dengan konsep futuristic (arsitektur yang mengusung tema dengan gaya masa depan). Sebab tidak hanya menjadi sarana edukasi susu, nantinya juga bisa menjadi spot swafoto.

“Tidak hanya memberikan unsur edukasi saja, tetapi dengan bangunan yang unik bisa menjadi tempat swafoto juga,” kata Ismail.

Pembangunan WESB sudah berlangsung sejak akhir tahun 2017 lalu dan diprediksi menelan anggaran sebesar Rp 26 miliar.

Menurut Ismail WESB memiliki banyak wahana selain edukasi susu mulai play ground outdoorplay ground indoor dan anak, plaza bunga, food court, kolam, labirin, area ketangkasan dan edukasi biogas. 

Ia menambahkan, dasar perencanaan wisata edukasi ini supaya wisatawan yang datang ke Kota Batu tidak hanya mengenal panorama dan wisatawanya saja tetapi juga mengenal lebih jauh destinasi minum susu.

"Apalagi ada Jatim Park 3 yang lokasinya berada di depan kantor kami. Ini merupakan satu peluang," jelasnya.

WESB merupakan wisata edukasi yang dibangun KUD Kota Batu bekerja sama dengan PT Maju Usaha Bersama milik Paul Sastro Sandjojo. Letaknya pun tepat berada di depan Jatim Park 3.

Di edukasi susu ini, ternyata wisatawan tidak hanya diperbolehkan minum susu. Wisatawan juga akan diberi edukasi proses pengolahan susu sapi.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->