Kembangkan Desa Wisata, Pemkot Sarankan Gunakan Dana Desa

Salah satu spot wahana di Ngukir Wisata Alam di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu spot wahana di Ngukir Wisata Alam di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Untuk memajukan visi ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’ 19 desa yang ada di Kota Batu bisa mengalokasikan dana dengan menggunakan Dana Desa (DD). Dengan adanya DD ini bisa digunakan untuk mengembangkan produk unggulan wisata desa tersebut.

“Pihak desa bisa memanfaatkan uang dari DD itu untuk mengembangkan desa wisata di sana. Apalagi selama ini ada desa yang bingung untuk apa uang sebanyak itu,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono, Selasa (8/5/2018).

Ia menambahkan memang setiap desa disarankan untuk memanfaatkan DD untuk mengembangkan desa wisata. Terlebih masing-masing desa mendapatkan DD dengan nominal cukup besar, sehingga harus dimanfaatkan dengan maksimal. 

“Bisa kok DD untuk pengembangan desa wisatanya. Pencairan DD kan juga banyak, dialokasikan berapa untuk desa wisatanya, itu bisa diatur oleh masing-masing desa,” katanya. 

Apalagi saat ini dari 19 desa yang ada, baru 14 desa yang sudah mengembangkan desa wisata. Namun dari 14 desa itu, pengembangan wisatanya juga kurang maksimal.

“Saat ini baru ada 14 desa dari 19 desa yang mengembangkan desa wisata. Tetapi itu semua masih belum maksimal,” ujar pria yang juga Staf Ahli Pemkot Batu ini.

Dengan mengalokasikan dana untuk desa wisata melalui DD menjadi salah satu cara untuk membantu penyerapan penggunaan anggaran. Selain itu jika mampu mengembangkan desa wisata akan membantu perekonomian warga setempat.

“Semua kembali pada desa, jika bisa mengembangkan itu akan menjdi potensi juga bagi warga sekitar. Dengan demikian perekonomian akan meningkat,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Pemkot Batu menyarankan desa untuk memanfaatkan DD demi mewujudkan visi pada tahun 2018 ini.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Bayu Pradana
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->