Ingin Berenang Menikmati Segarnya Air? Sumber Umbul Gemulo Bisa Jadi Referensi di Kota Batu

Warga saat menikmati Sumber Umbul Gemulo di siang hari. Sumber ini terletak di depan Hotel Purnama, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Warga saat menikmati Sumber Umbul Gemulo di siang hari. Sumber ini terletak di depan Hotel Purnama, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

 Siang yang cukup terik seperti saat ini terkadang membuat anak-anak hingga orang dewasa memilih mendinginkan tubuh dengan berenang. Nah, di Kota Batu, salah satu tempat yang cukup recommended untuk berenang yakni Sumber Umbul Gemulo yang terletak di Dusun Gemulo, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Sumber air ini terletak tidak jauh dari Jalan Raya Punten, sekitar 50 meter tepat dari Hotel Purnama. Namun jalannya yang sempit membuat orang yang hendak memasuki sumber air ini harus berjalan kaki setelah dari jalan raya. 

Jalan untuk masuk ke Sumber Umbul Gemulo ini lebarnya kurang lebih satu meter. Saat memasuki sumber ini, Anda yang semula tidak memiliki niatan untuk berenang mungkin akan tergoda. Bagaimana tidak. Sumber airnya jernih dan bersih, tidak ada rumput liar.

Bahkan karena terlalu bersih, pengunjung yang datang bisa melihat bebatuan dan tanaman di dasar kolam tersebut. Kolam ini memiliki kedalaman kurang lebih 100 sentimeter atau 1 meter dengan luas kurang lebih 100 meter persegi.

Saat menyentuh air ini, cukup terasa dingin. Karena itu, jika cuaca cukup panas, obatnya bisa berendam atau berenang di sumber tersebut. Apalagi lokasinya mudah untuk dicari dan tidak dikenakan tarif.

Karena itu, warga sekitar maupun desa lainnya terkadang manpir sesekali untuk menikmati dinginnya Sumber Umbul Gemulo. Biasanya siang hingga sore hari kolam ini dipenuhi warga sekitar. 

Warga sekitar Desa Bulukerto, Sulikanah, mengatakan sumber ini rutin untuk dijadikan tempat berlatih berenang oleh warga sekitar maupun dari desa lainnya. Selain itu, sumber ini digunakan untuk berendam di tengah cuaca yang panas.

“Mulai siang sampai sore pasti banyak yang ke sini. Biasa karena anak-anak suka dengan bermain air. Apalagi cuacanya panas seperti ini sehingga selalu ramai,” ungkap Sulikanah, Kamis (10/5/2018).

Bulan puasa, biasanya siang hari kolam ini dipenuhi anak-anak hingga dewasa. Namun akan lebih ramai di sore hari menjelang berbuka puasa. “Seperti sebelum-sebelumnya, kalau pas bulan puasa gitu, ramainya waktu sore hari,” imbuhnya.

Ia menambahkan setiap hari setidaknya ada puluhan pengunjung yang datang. Selain itu, setiap beberapa bulan sekali, warga sekitar aktif   turut membersihkan sumber tersebut. Ya pemandangan saat ini jauh berbeda dari sebelumnya yang memang rumput liar mengelilingi sumber ini. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->