Gugur Gunung Diselingi Tanam Pohon Jadi Ritual Jelang Ramadhan

Warga setempat gotong royong menanam pohon di area Dusun Klebeng, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Jumat (11/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Warga setempat gotong royong menanam pohon di area Dusun Klebeng, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Jumat (11/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Beragam  kegiatan digelar masyarakat Kota Batu untuk menyambut Bulan Ramadhan. Salah satunya adalah kegiatan warga Dusun Macari Desa Pesanggraha dan Dusun Klebengan Kelurahan Ngaglik dengan melakukan gugur gunung dan menanam pohon di lingkungan sekitar. 

Kegiatan bertajuk Megengan & Haul Pendiri Masjid Pertama di Kota Batu ini diawali dengan melalukan gugur gunung atau kerja bakti membersihkan makam setempat, Jumat (11/5/2018).

Puluhan warga dari dusun yang bersebelahan itu gotong royong. Area makam di Dusun Klebeng Kelurahan Ngaglik menjadi menjadi pilihan sebab tempat di makamkannya Kyai Zakaria pendiri Masjid Pertama di Kota Batu.

“Makam ini merupakan tempat di mana  jadi persinggahan terakhir kyai Zakaria yang merupakan  Pendiri Masjid Pertama dan tertua di Kota Batu pada Tahun 1827. Ini sudah menjadi kegiatan tahunan sebelum bulam Ramadan,” ungkap Ketua Rw 03 Kelurahan Ngaglik Yuris Efendi.

Selain gugur gunung warga juga menanam pohon di sekitar makam. Tujuannya agar lingkungan terjaga dan lebih asri.

Jenis pohon yang ditanam sejumlah 200 bibit pohon tanjung, garito, dan mahoni. Bibit itu ditanam di beberapa titik seperti di tepi sungai sekitar Dusun Klebeng dan Belik Tanjung.

“Kita tanam di Kanan dan kiri sungai untuk pohon trembesi di makam. Lalu di Belik Tanjung, kita tanam 8 bibit pohon tanjung. Jadi kita tanam sesuai dengan penempatannya,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Tidak hanya itu saja, dalam kegiatan ini juga ada pasar murah. Rencananya kegiatan ini bakal digelar hingga Sabtu, salah satu kegiatan unik bakal digelar yakni cuci dandang yang bakal dilakukan oleh ratusan ibu-ibu di sungai tersebut:

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->