Jadi Momok, Jalan Rusak Kota Batu Masih Sepanjang 34,04 KM

Para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkot Batu saat mengaspal salah satu ruas jalan di Kota Batu, Minggu (13/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkot Batu saat mengaspal salah satu ruas jalan di Kota Batu, Minggu (13/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Hingga saat ini jalan berlubang di Kota Batu masih menjadi momok bagi wisatawan yang ingin menikmati destinasi wisata di kota ini. Sebab, sampai saat ini masih ada 34,04 kilometer jalan rusak ringan di Kota Batu, yang rencananya bakal dibenahi.

"Memang untuk saat ini masih ada sejumlah jalan rusak ringan. Untuk jalan lingkungan sepanjang 29,83 kilometer dan jalan kota 4,21 kilometer. Semua akan segera kami benahi bertahap," ungkap Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkot Batu, Alfi Nur Hidayat, Minggu (13/5/2018). 

Untuk saat ini jalan lingkungan dengan panjang 325,44 kilometer, kondisi baik 100,93 kilometer, sedang 104,67 kilometer, dan rusak ringan 29,83 kilometer. Lalu jalan kota dengan panjang 167,56 kilometer kondis baik 147,49 km, Sedang 15,87 km dan rusak ringan 4,21 km. Sementara jalan provinsi di Kota Batu sepanjang 39,6 km dan kondisinya baik.

Kondisi jalan memang menjadi perhatian masyarakat dan pengguna jalan. Karena itu beberapa masyarakat telah melapor, ada 5-10 orang setiap minggu. Ketika ada laporan yang masuk pihaknya segera melakukan penanganan dengan langsung mengecek di lapangan selama 1x24 jam.

"Setelah ada laporan masuk kami melakukan cross check dulu di lapangan seperti apa, baru setelah itu kami lakukan tindakan," ujarnya. 

Jika kondisi jalan tersebut sedang maka akan dilakukan pemeliharaan dengan menutup lubang jalan.

"Tetapi jika kondisi jalan rusak agak banyak maka akan kita lakukan penanganan dengan pemaketan pekerjaan peningkatan jalan," jelas Alfi.

Sementara, dari panjang jalan rusak ringan, lanjut dia, yang telah terinventarisasi sudah dilakukan perbaikan rutin.

"Untuk yang rusak ringan kita lakukan perbaikan dengan cara peningkatan jalan menggunakan hot mix. Itu kita kerjakan dari laporan warga melalui aplikasi," bebernya.

Tetapi jika jalan tersebut tidak dapat diatasi akan masuk dalam pemaketan pekerjaan peningkatan jalan. Pemaketan itu jalan akan dilakukan pelapisan secara menyeluruh menggunakan hot mix dengan sumber dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2018. 

Berbagai upaya ini dilakukan karena Kota Batu sebagai kota wisata sehingga rasa aman warga dan wisatawan harus selalu dijaga.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->