Perketat Penjagaan, Periksa Setiap Orang yang Berkunjung ke Mapolres Batu

Tim penjagaan sedang meneriksa box milik pengunjung di Polres Batu, Kecamatan Batu, Senin (14/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Tim penjagaan sedang meneriksa box milik pengunjung di Polres Batu, Kecamatan Batu, Senin (14/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Penjagaan ketat pintu masuk dan keluar diterapkan pula di Polres Batu, Senin (14/5/2018) . Hal ini dilakukan pasca terjadinya bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo.

Di pintu masuk terdapat beberapa penjaga dilengkapi dengan senjata lengkap. Bagi yang akan memasuki Polres Batu mulai dari pengendara roda dua dan empat tidak lepas dari pemeriksaan anggota Polres Batu.

Untuk masuk ke dalam, para pengunjung harus menyerahkan kartu tanda pengenal atau identitas yang ditukarkan dengan kartu pengenal dari Polres Batu. 

Pemeriksaan dimulai dari barang bawaan setiap pengunjung. “Sebenarnya pengamanan ini sudah kami lakukan sejak saya menjadi Kapolres Batu. Dan pemeriksaan seperti ini standart operational procedure (SOP) pelayanan di Polres Batu,” ungkap Kapolres Batu Budi Hermanto. 

Sistem pengamanan ini sudah dilakukan sebelum peristiwa serangan bom di Surabaya atau Sidoarjo dan sudah menjadi SOP. Mulai memberikan tanda pengenal diganti menjadi kartu pengunjung. 

“Kita lihat sebelumnya pengamanan Polres Batu sesuai SOP ini. Sebelum insiden, kita terbuka kepada masyarakat dalam pelayanan bikin pengaduan keterangan hilang, SIM, dan SKCK,” ujarnya saat ditemui di halaman Polres Batu.

Namun atas terjadinya insiden ini pihaknya menjadikan suatu pengalaman dan pengamanan terhadap kejadian tersebut. “Jangan sampai menciptakan rasa takut di masyarakat. Intinya dalam kejadian ini harus bijak dan mawasdiri,” jelas Buher, sapaan akrabnya. 

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh terkait informasi yang tidak jelas asal-usulnya termasuk informasi yang ada di sosial media.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->