Pemkot Batu Bangun Kompleks UMKM Terintegrasi, Dilengkapi Mesin Modern Canggih

Salah satu penggiat UMKM, yakni produksi pembuatan keripik apel di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu penggiat UMKM, yakni produksi pembuatan keripik apel di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Keinginan Pemkot Batu untuk mengembangkan dan mempermudah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batu bakal dilakukan secara maksimal. Rencananya, segala mesin yang tidak dimiliki para pelaku UMKM bakal dilengkapi. 

“Kami akan memfasilitasi mesin kepada para penggiat UMKM di Kota Batu. Jadi, mesin yang tidak dimiliki oleh UMKM akan kamj wujudkan. Nanti kami siapkan di dalam kompleks UMKM yang akan kami buat,” ungkap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Jumat (18/5/2018).

Kawasan atau kompleks UMKM itu nantinya adalah sebuah pusat pembuatan sebuah produk hingga penjualannya dalam satu area. Lalu, tempat itu juga menjadi pusat seluruh produk UMKM Kota Batu.

Dengan demikian, para wisatawan yang akan mencari oleh-oleh tinggal datang ke sentra UMKM ini. Produk UMKM bakal tersedia lengkap di sana. Bahkan pengunjung bisa juga melihat proses produksi oleh-oleh di sana. 

“Ya bagi yang mau produknya di kawasan UMKM ini, silakan dimasukkan. Intinya di tempat ini semua menampung produk Kota Batu. Jadi, wisatawan kalau mau cari oleh-oleh bisa ke kawasan UMKM ini,” katanya.

Ya, kompleks itu dilengkapi dengan mesin-mesin canggih sehingga bisa membuat barang menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Pemkot Batu melalui kawasan UMKM akan mengatasi produksi dari hulu ke hilir di kompleks ini.

Salah satunya mesin packaging atau mesin kemasan. Sebab, salah satu faktor kurangnya produk UMKM Kota Batu tidak banyak dilirik disebabkan kemasan yang kurang maksimal.

“Kami akan memfasilitasi termasuk mesin packaging yang tidak bisa dimiliki UMKM karena mesin ini sangat penting. Salah satu faktor yang masih menjadi masalah adalah terkait kemasan dalam sebuah produk,” ujar politikus PDIP ini.

Adanya mesin kemasan ini membantu UMKM. Dan mesin kemasan disediakan untuk seluruh produk, seperti makanan, minuman, pertanian, dan handycraft (kerajinan tangan). (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->