Mau Jelajah Wisata Air Terjun di Kota Batu?, Kunjungi Saja Lima Destinasi Ini

Foto Coban Talun (dokumen MalangTIMES)
Foto Coban Talun (dokumen MalangTIMES)

BATUTIMES - Bagi kalian yang suka dengan wisata air terjun,  Kota Batu memiliki banyak destinasi wisata alam jenis ini. Hingga saat ini terdapat lima destinasi coban yang tak kalah dengan daerah lainnya.

Ke lima coban ini adalah Coban Talun yang terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Lalu ada Coban Lanang di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Coban ini bisa  saja dikatakan baru, karena belum lama ini dikembangkan oleh desa setempat. 

Kemudian ada Coban Rais yang terletak di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Sedangkan Coban Putri bersebelahan dengan Coban Rais yang berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Dan Coban Kasinan yang juga masih baru dan masih jarang terjamah oleh masyarakat di lembah Gunung Panderman Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

Beberapa coban ini harus dilalui dengan berjalan kaki. Jaraknya ada yang dekat hanya membutuhkan beberapa menit, namun ada juga yang membutuhkan beberapa jam untuk mencapai lokasi coban. 

Salah satu coban yang baru adalah Coban Lanang. Air terjun yang terletak di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Namanya Coban Lanang karena coban ini dialiri air Kali Lanang. 

Coban ini memiliki memiliki tinggi air terjun sekitar 15-20 meter. Di antara air terjun ini, terdapat jembatan terbuat dari bambu yang berfungsi untuk menyaksikan air terjun dari dekat. Selain itu, ada juga beberapa tempat istirahat yang cocok untuk dijadikan swafoto.

Untuk memasuki area air terjun, dari jalan utama, jaraknya 500 meter. Saat memasuki area ini wisatawan akan disuguhi  pemandangan persawahan, Gunung Arjuna dan Panderman. 

Bagaimana dengan Coban Rais? Air terjun Coban Rais yang ada di Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu ini memiliki Air terjun setinggi 90 meter. Air terjun dengan deras di tengah-tengah rimbunnya hutan Dusun Dresel. Air terjun ini menjadi primadona bagi para pencinta alam maupun wisatawan yang merindukan pemandangan alam.

Untuk sampai di air terjun, wisatawan harus melalui jalan  sejauh 1,5 kilometer dari check point atau loket. Medan yang dilalui cukup menantang bagi pencinta alam karena jalur lintas di tengah hutan yang masih rimbun dan terjal.

Perjalanan sekitar satu jam tersebut akan terbayar ketika sampai di air terjun. Cuaca sejuk dan air bening dapat dinikmati wisatawan setelah melalui perjalanan panjang. Sumber air di Coban Rais inilah yang mengalir ke rumah-rumah warga di Dusun Dresel dan menjadi sumber kehidupan mereka.

Kemudian Coban Putri Di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo letaknya tepat pada Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kota Batu. Atau lokasinya berada tepat di bawah wisata Batu Flower Garden (BFG) Coban Rais. Bagi wisatawan yang ingin datang ke wisata ini tiket masuknya hanya Rp 10 ribu. 

Mulanya coban ini hanya memiliki satu air terjun. Namun saat ini sudah diubah dan memiliki dua air terjun. Tambahan air terjun ini semakin mempercantik kawasan wisata alam ini. “Dulu sini awal mulanya hanya satu coban saja. Namun untuk mempercantik Coban Putri kami  memberi tambahan jalur air, akhirnya terdapat dua coban saat ini,” kata Suwanti Ketua Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Desa Tlekung. 

Selain itu ada Coban Kasinan, letaknya berada di lembah Gunung Panderman Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Nama coban itu Kasinan karena areanya berada di alas kasinan yang bisa ditempuh melalui Dusun Toyomerto dan Srebet 

Coban ini terdapat tiga air terjun. Coban tertinggi diberi nama coban kasinan, kemudian coban tengah dengan ketinggian 10-15 meter. Dan coban terpendek belum diberi nama. Di kawasan ini, dibuat taman yang dapat mempercantik kawasan coban kasinan.

Sebelumnya area coban ini tidak terurus. Banyak pohon dan bambu tumbang di situ. Padahal di area tersebut terdapat muara sumber mata air Desa  Pesanggrahan. Namun seiring berjalannya waktu. sudah dilakukan perbaikan. Kini tampak rapi dan bersih. 

Dan yang terakhir adalah Coban Talun. Coban ini berada di Dusun Wonoreno, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji memiliki ketinggian 75 meter. Di area ini memiliki beragam wahana spot swafoto.

Sementara itu, Plt Dinas Pariwisata Pemkot Batu Imam Suryono mengatakan, beberapa coban di Kota Batu itu memang ada beberapa yang baru. Karena memang sesuai dengan visi ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’ sehingga di desa-desa terus memunculkan wisata baru.

“Sesuai dengan visi ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’ sehingga Kota Batu mulai bermunculan coban-cobannya. Supaya kalau orang cari coban gak itu-itu saja,” kata Imam, Senin (21/5/2018).

Dengan demikian agar wisatawa bisa memiliki  banyak pilihan untuk berwisata khususnya untuk wisata coban. Kondisi tersebut sekaligus memberikan pemasukan kepada warga sekitar area wisata.

“Ya memang saat ini banyak desa yang mulai berkembang. Dengan menggali potensi yang ada di daerahnya, dapat membantu perekonomian warganya,” tutup Imam.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->