Tiga Hari Penyortiran, 17.167 Surat Suara Pilgub Jatim Kota Batu Rusak

Beberapa petugas saat sedang melalukan penyortiran surat suara di kantor KPU Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Beberapa petugas saat sedang melalukan penyortiran surat suara di kantor KPU Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Tiga hari melakukan penyortiran surat suara Pemilihan Gubernur Jatim 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menemukan banyak kerusakan. Totalnya ada 17.167 dari 152.668 surat suara yang diterima KPU Kota Batu.

Pengecekan surat suara itu dilakukan sejak hari Minggu (27/5/2018). Hari pertama dari 43.849 surat suara yang dicek ditemukan ada 2.230 yang rusak. Hari kedua Senin (28/5/2018) dari 45.337 surat suara, ada 4995 yang rusak. Sedangkan hari ke tiga dari 63.482 surat suara yang dicek, mengalami kerusakan 9.942.

Komisioner KPU Batu bidang perencanaan, keuangan, logistik, dan rumah tangga, Erfanudin menjelaskan kerusakan yang terjadi itu karena beberapa permasalah. Mulai dari noda tinta tersebut rata-rata terletak pada salah satu pasangan calon (paslon) Pilgub 2018. Yang  kerusakan ditakutkan dapat menjerumuskan pemilih untuk memilih paslon.

Tidak hanya noda hitam, beberapa surat suara lainnya terdapat gradasi warna tidak jelas. Lalu warna tidak merata atau tidak fokus, hingga kusut. "Sampai potongan tidak sempurna. Hal tersebut sehingga dikatakan rusak atau tidak layak," kata Erfan, Kamis (31/5/2018).

Selain itu kerusakan didominasi karena tinta tembus terdapat pada dua kardus. Lalu warna surat suara yang memudar hingga 500 surat suara dan lipatan kop menempel di foto paslon sekitar 4000 surat suara. 

Ia menambahkan jika sejumlah 17.167 surat suara yang rusak itu bakal dimusnahkan oleh KPU Kota Batu. Namun hal tersebut bisa dilakukan setelah proses distribusi ke TPS pada 26 Juni

"Yang rusak ini lama kita musnahkan sendiri di kantor, tetapi setelah proses distribusi selesai," imbuhnya.

Menurutnya kerusakan dan kekurangan ini akan segera dilaporkan pada KPU Jatim.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->