Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Wali Kota Ajak Ratusan Pegawai Nobar Film Lima

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kiri) saat swafoto di dalam bioskop Cinemaxx Lippo Plza Kota Batu. (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kiri) saat swafoto di dalam bioskop Cinemaxx Lippo Plza Kota Batu. (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)

BATUTIMES - Momen memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada Jumat (1/6/2018) dimanfaatkan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dengan mengajak ratusan aparat sipil negara (ASN) dan jajaran pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) nonton bareng (nobar) di Cinemaxx Lippo Plaza, Kota Batu. Tontonannya adalah film Lima.

Film Lima ini mengangkat nilai-nilai Pancasila yang divisualkan ke dalam film untuk dapat diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Film ini digarap ima sineas, yakni Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Lola Amaria, Harvan Agustriansyah, dan Adriyanto Dewo.

Dalam nobar ini, tampak juga Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Sekretaris Daerah Eddy Murtono, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, dan seluruh kepala OPD. 

Menurut Dewanti, selama ini masih ada yang bertanya apa Pancasila itu, atau seperti apa Pancasila dan apa hanya dalam bentuk tulisan. Mungkin film ini adalah jawaban untuk mereka. Sebab, film ini menceritakan tentang hal-hal  yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari, yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan. 

“Film ini sangat layak ditonton generasi muda, khususnya yang mungkin belum memahami makna-makna di balik tiap sila dan juga generasi tua untuk mengingatkan kembali bahwa mereka adalah pemegang tongkat estafet Pancasila,” ujar Dewanti. 

Ia menambahkan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Pancasila. “Acara nobar seperti ini mungkin cara mudah untuk memahani nilai-nilai Pancasila atau penjabarannya,” imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini untuk mengajak refreshng kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Batu. “Harapannya setelah melihat film ini, wawasan terkait Pancasila bisa ditangkap dan diterapkan oleh para ASN,” ucap politisi PDIP ini. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->