Begini Cara Warga Batu Lintas Seni, Budaya, Agama, dan Generasi Kota Batu Semarakkan Hari Lahir Pancasila

Salah satu persembahan karya tarian ditampilkan di Gedung Kesenian Mbatuaji, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Jumat (1/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu persembahan karya tarian ditampilkan di Gedung Kesenian Mbatuaji, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Jumat (1/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Bedhug Pancasila Bumbu Podo Moro sebuah seni pertunjukan lintas seni, lintas budaya, lintas agama, lintas generasi dihadirkan sebagai wujud kecintaan terhadap pancasila. Kegiatan itu digelar untuk merayakan hari Lahirnya Pancasila, Jumat (1/6/2018) di Gedung Kesenian Mbatuaji, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. 

Berbekal kostum sederhana, penampilan apik ditunjukkan kepada para penonton sore itu. Beragam kesenian dimainkan antara lain dramelan wuwung atau musik diatas wuwung, itroduksi, tari padma viriya mangala. Lalu ada wayang ngaji, tari dolanan sayuk rukun, wayang D'Link atau bambu. Juga ada seni pertunjukan bedhug pancasila. “Di sini Bumbu Podo Moro maksudnya mereka  bebas mempersembahkan karya-karya mereka di sini,” ungkap Koordinator Bedhug Pancasila Bumbu Podo Moro Agus Mardianto.

Karya-karya itu dibawakan dari beragam sanggar  yang ada di Kota Batu. Antara lain Sanggar Seni Lintas Agama Viriya Cipta Budaya, Padepokan Gunung Ukir, Karsa Budaya, Turonggo Madyo, Bambamboe, dan Padepokan Akhlak Panatagama. 

Tidak hanya sekadar menampilkan karya seni. Tetapi  ditutup dengan bagi-bagi setibu takjil gratis di depan gedung Kesenaian Mbat Aji Kota Batu. 

Menurutnya kegiatan ini digelar untuk menggugah semangat dan kesadaran generasi akan cinta pancasila. Sekaligus bentuk kecintaan & kesadaran masyarakat akan pancasila yang merupakan dasar negara.

“Kegiatan ini hasil sosial masyarakat lintas seni, lintas agama Kota Batu, dan wujud kecintaan kami terhadap Pancasila. Dan rasa sosial terutama di bulan suci ini,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->