Serunya Mengaji di Alun-Alun Kota Batu

Para pelajar berjajar mengaji bersama dengan membawa AL-Qur'an di Alun-Alun Kota Batu, Jumat (1/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Para pelajar berjajar mengaji bersama dengan membawa AL-Qur'an di Alun-Alun Kota Batu, Jumat (1/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Biasanya selama bulan Ramadan ini Alun-Alun Kota Batu menjadi tempat Ngabuburit, bagi Takjil dan aksi sosial lainnya. Namun kali ini ada yang berbeda, Alun-Alun menjadi tempat mengaji oleh puluhan SMP dan SMA, Jumat (1/6/2018).

Sambil duduk pelajar itu mengaji di tengah hiruk pikuk ramainya pengunjung di area Alun-Alun Kota Batu. Dengan khusuk mereka membaca beberapa juz. 

Kegiatan gelar oleh Forteens Kota Batu bertajuk NGALUN atau Ngaji Ning Alun-Alun. "Sesuai dengan  namanya, acara ini diselenggarakan di Alun-Alun kota Batu. Acara tahunan ini telah diselenggarakan selama 5 tahun berturut-turut," kata Ketua Forteens Aulia Muhammad Ndoyo.

Ia menambahkan kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud kecintaan hadirnya bulan ramadan yang dikenal sebagai bulan diturunkannya Al Qur'an. Kegiatan ini juga sengaja diselenggarakan di tempat umum untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa Al Quran hanya bisa dibaca di masjid.

"Sebagaimana orang mungkin beranggapan bahwa membaca Al-Qur'an hanya bisa dilakukan di dalam ruangan, karena itu melalui kegiatan ini kita ingin mengubah persepsi itu," imbuhnya kepada BatuTIMES.

Selain membaca Al Quran, mereka juga membagikan stiker motivasi yang berisi hadits-hadits nabi kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti 60 pelajar SMP dan SMA yang ada di kota Batu. 

Salah satu peserta dari SMPN 1 Batu, Siti Nur Annisa mengatakan sudah mengikuti kegiatan ini untuk kali kedua. Menurutnya kegiatan ini bermanfaat agar masyarakat mengingat pentingnya membaca Al Quran di bulan Ramadhan. "Saya sendiri tertarik karena kegiatan ini berbeda dari kegiatan ramadan lainnya, yang biasanya berupa kajian, atau bagi takjil semata," ujarnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->