Disidak, Banyak Makanan Frozen Supermarket di Kota Batu Kadaluarsa

Wakil Kota Batu Punjul Santoso bersama Satgas.Pangan saat mengecek vetsin Kadaluarsa di Hypermart Lippo Plaza Batu, Selasa (5/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wakil Kota Batu Punjul Santoso bersama Satgas.Pangan saat mengecek vetsin Kadaluarsa di Hypermart Lippo Plaza Batu, Selasa (5/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Wakil Wali Kota Batu Ir Punjul Santoso melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Hypermart dan Toko Oleh-Oleh Kota Batu, Selasa (5/6/2018).

Sidak ini dilakukan bersama tim Satuan Tugas Pangan (Satgas) Pangan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari Polres Batu, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan.

Dalam sidak itu ditemukan beberapa makanan yang sudah kadaluarsa.

Saat berada di Hypermart Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama tim dengan teliti melihat satu persatu tanggal kadaluarsa makanan dan minuman yang ada.

Dengan jeli akhirnya tim menemukan vetsin yang tidak dicantumkan tanggal kadaluarsanya.

Di sisi lain, ditemukan juga makanan yang sudah Kadaluarsa masih disuguhkan dalam rak. Makanan yang memasuki masa kadaluarsa itu yakni makanan beku. 

Tertera dalam kemasan itu masa kadaluarsanya berlaku pada Februari 2018, Maret 2018, dan pertengahan Juni 2018.

"Rata-rata masa kadaluarsanya sudah tiga bulan atau enam bulan. Ya mungkin belum sempat dibawa, bukan kesengajaan sebatas kelalaian," ujar Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Setelah menemukan makanan tersebut tim sidak mamin itu mengamankan barang tersebut. Agar makanan itu tidak dikonsumsi dan bisa diamankan oleh petugas Hypermart. 

"Harapan kita pihak pengelola Hypermart bisa melakukan pengecekan ulang supaya hal ini tidak terjadi lagi. Karena membahayakan konsumen," imbuhnya.

Selain di Hypermart, Wakil Wali Kota Batu bersama tim juga melakukan sidak di tempat oleh-oleh De Duwa Kota Batu.

Di sana tim menemukan banyak makanan yang sudah habis masa berlakunya. Yang cukup disayangkan adalah produk itu merupakan olahan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Batu.

"Kami juga menemukan cukup banyak disalah satu tempat oleh-oleh Kota Batu. Kita juga mengamankan barang tersebut," ujar politisi PDIP Kota Batu ini.

Sementara itu, Kanit Pidana Ekonomi Satreskrim Polres Batu, Ipda Rudi Yulianto menambahkan dengan adanya kejadian tersebut masyarakat harus lebih berhati-hati saat berbelanja. Harus jeli melihat masa Kadaluarsa barang yang akan dibeli.

"Harus lebih waspada, jeli dalam melihat produk makanan atau minuman.  Jangan hanya tergiur barang murah lalu dibeli, tapi dilihat lagi masa Kadaluarsanya," jelas Rudi.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->