Ingin Lihai Mengukir Buah? Yuk Ikuti Langkah-Langkah dari Chef Malang Curving Arts Ini

Fruit curving bentuk bebek terbuat dari lobak. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Fruit curving bentuk bebek terbuat dari lobak. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

BATUTIMES - Fruit curving atau salah satu seni mengukir buah- buahan kini menjadi salah satu yang sedang digandrungi banyak orang. Bagi pemula yang ingin mencoba menghias atau menggarnish yuk perhatikan caranya dari para anggota Indonesian Chef Association (ICA) se-Malang Raya.

Avida Laily, dari Malang Curving Arts (ICA) Malang Raya mengatakan bagi pemula yang tertarik dengan seni asal negara Thailand ini lebih dahulu memperhatikan buah-buahan yang cocok untuk fruit curving

“Pilih buah-buahan yang tidak memiliki serat dan lunak, agar mudah untuk menghiasnya,” ungkap Avida.

Buah-buahan yang cocok untuk fruit curving ini diantaranya semangka, melon, dan labu. Lainnya, jika sayuran seperti wortel, dan lobak. 

“Saya pernah mencoba menghias buah yang berserat seperti kelapa muda, karena buah ini keras dan memiliki serat cukup sulit dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghias. Tapi bagi pemula coba buah yang lunak,” imbuhnya kepada BatuTIMES. 

Selain buah, perhatikan alat untuk menghias buah-buah ini. Lebih baik gunakan pisau khusus untuk fruit curving, pisau khusus ini bentuknya kecil dan tajam untuk mempermudah membentuknya.

“Kalau mau menghias lebih baik gunakan pisau khusus. Pisau khusus ini memang untuk memudahkan kita mengukir buah,” kata Avida. 

Selain tajam, pisau harus runcing. Lalu bagaimana jika tidak memiliki pisau kecil, tajam, dan runcing? Avida menyarankan bisa menggunakan pisau biasa asalkan tajam dan runcing.

“Bisa pakai pisau biasa tapi harus yang tajam dan runcing,” jelasnya saat ditemui di Halaman Balai Kota Among Tani.

Ia menambahkan bagi pemula yang ingin memulai mencoba fruit curving lebih baik membuat bentuk atau menghias bunga-bunga. Biasanya untuk belajar, bunga yang sering dibentuk yakni bunga mawar.

“Gunakan bunga-bunga yang standart. Bunga yang standart ini biasanya mawar, karena bentuknya mudah untuk dibuat belajar. Bagi pemula untuk menjajal bunga ini membutuhkan waktu selama 2-3 jam,” tutup perempuan yang juga memiliki usaha kue ini.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->