Berlangsung Meriah, Persaingan Ketat Festival Patrol KNPI Se Malang Raya

Salah satu penampilan grup patrol dan odong-odong Lomba Patrol se Malang Raya Shining Ramadan 2018 di Jl Panglima Sudirman, Kecamatan Batu, Sabtu (9/6/2018) malam. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu penampilan grup patrol dan odong-odong Lomba Patrol se Malang Raya Shining Ramadan 2018 di Jl Panglima Sudirman, Kecamatan Batu, Sabtu (9/6/2018) malam. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
BATUTIMES - Sejumlah 40 grup patrol mulai dari anak-anak hingga dewasa bersaing dalam Open Festival Patrol bertajuk Shining Ramadhan 2018 Kota Batu, Sabtu (9/6/2018) malam. Beragam kreasi musik, odong-odong hingga kostum ditampilkan dengan menarik oleh ke 40 grup patrol se Malang Raya di panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Wali Kota Batu Jl Panglima Sudirman, Kecamatan Batu.
 
Sebelumnya mereka sudah mempersiapkan diri dan berjalan dari Balai Kota Among Tani. Ribuan peserta pun memadati area jalan Panglima Sudirman karena penasaran akan kreasi patrol yang digelar setahun sekali oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KNPI) Kota Batu ini. 
Berlangsung_Meriah_Persaingan_Ketat_Festival_Patrol_KNPI_Se_Malang_Raya_1RGb5B.jpg
Untuk bisa jadi juara para pesera harus mengikuti persyaratan yakni setiap grup minimal 10 orang dan maksimal 20 Orang yang terdiri dari lead vocal, backing vocal, koreografi, dan pemusik. Lalu alat musik yang dipergunakan yakni alat musik wajib adalah Kentongan 70 persen. 
 
Alat Musik Tradisional atau pendamping 30 persen. Lalu alat musik Yang dipergunakan adalah alat musik non pabrikan. Tema lagu, satu lagu wajib original musik sahur dan satu Lagu bebas disesuaikan dengan tema.
 
Rata-rata saat memberikan penampilannya hentakan musik yang dipukul terdengar kompak dengan power yang cukup kuat ditengah dinginnya Kota Batu. Di atas odomg-odong yang telah dibuat dengan kreatif mereka gerakkan ke kanan dan ke kiri sambil memainkan musik.
 
Dan itulah yang menjadi ciri khas mereka sambil memainkan alat musik sambil menyerukan ‘sahur...sahur...’. Selain itu beragam kostum ditunjukkan agar terlihat unik dan menarik. 
 
Ada yang mengenakan panci sebagai atribut kostum, damen, baju petani, seragam sekolah dasar, dan sebagainya. 
 
Ketua Pelaksana Open Festival Patrol Shining Ramadhan 2018, Dimas Bramantiya mengatakan kegiatan ini sudah ke empat kalinya digelar, di tahun ini mengajak grup patrol se Malang Raya. “Berbeda dengan tahun sebelumnya hanya Kota Batu. Namun sekarang kita buka luas Se Malang Raya,” ujar Bram.
 
Ia menambahkan dengan kegiatan ini untuk melestarikan budaya patrol yang ada sejak lama. Juga untuk memikat wisatawan yang datang dan singgah di Kota Wisata ini. “Dengan adanya festival patrol ini ke depan patrol menjadi destinasi wisata di Kota Batu,” imbuhnya. 
 
Sementara itu.m, Walik Wali Kota Batu Punjul Santoso memberikan apresiasi kepada KNPI KOTA batu karena setiap tahun akrif menggelar lomba patrol. Sebab telah mengangkat musik tradisional patrol yang biasa untuk membangun sahur.
 
“Say mengapresiasi, karena itu melalui pemerintah daerah yakni Dinas Pariwisata Kota Batu agar memfasilitasi jadi even tahunan,” kata Punjul. 
 
Agar wisatawan yang datang ke kota batu bisa ngabuburit sambil menikmati musik patrol. Bahkan kalau bisa even ini digelar sekala Jawa Timur. 
Berlangsung_Meriah_Persaingan_Ketat_Festival_Patrol_KNPI_Se_Malang_Raya_2w0E8Q.jpg
“Kalau perlu se Jatim karena Kota Batu merupkan tempat wisata di mana banyak wisatawan datang dari penjuru negeri ini,” tambahnya. 
 
Sementara itu, Berikut para pemenag Open Festival Patrol se Malang Raya Shining Ramadan 2018 yakni juara 1 dengan nilai 336 diraih Karsa Budaya. Juara 2 dengan nilai 322 Gg. Keramat Skuadra. Juara 3 dengan nilai 290 adalah Swar Naga.
 
Untuk kategori lainnya The Best Odong-Odong adalah Kelanceng Putih. The Best Costume adalah Bwa Patrol, dan The Best Performance adalah Karsa Budaya
Pewarta : Irsya Richa
Editor : Redaksi
Publisher : Aditya Fachril Bayu
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->