Tahun Ini, Dua Desa di Batu Manfaatkan Dana Desa untuk Pengembangan Wisata

Pelaksana Tugas (plt) kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pelaksana Tugas (plt) kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Tahun ini dua desa di Kota Batu yakni Desa Pandanrejo dan Desa Sidomulyo manfaatkan Dana Desa (DD) untuk memajukan wisata di wilayahnya. Melalui anggaran DD ini Dinas Pariwisata mendampingi ke dua desa tersebut fokus kembangkan wisata desa. 

“Tahun ini ada dua desa yang fokus kita dampingi untuk mengembangkan desa wisata di Desa Pandanrejo dan Desa Sidomulyo,” ungkap Pelaksana Tugas (plt) kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono, Rabu (27/6/2018).

Ia menjelaskan dua desa ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus untuk dikembangkan. Karena itu, dua desa ini didorong dan dibantu mengelola wisata menggunakan anggaran desa. 

“Kami bantu bersama mengkaji, agar menjadi desa wisata yang mandiri dan berkembang. Karena memang ke dua desa ini memiliki peluang yang bagus tinggal pengembangan saja,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Di Desa Pandanrejo misalnya yang memiliki potensi wisata petik stroberi. Di sana telah terlihat sentuhan mural lukisan-lukisan stroberi di dinding-dinding rumah warga. 

Hampir di seluruh rumah area petik stroberi itu telah disulap dengan lukisan stroberi yang dipadu dengan beragam cat warna yang menarik. Namun untuk saat ini persiapan wisata ini masih dalam tahap penggarapan. 

“Iya seperti di Desa Pandanrejo itu rumah-rumahnya dibuat tematik lukisan stroberi menyesuaikan dengan wisata petik stroberinya,” jelasnya. 

Melalui Dana Desa Dinas Pariwisata Kota Batu berharap selain dua desa tersebut bisa mengembangkan potensi wisata. “Berharap seluruh desa bisa memanfaatkan dana desa untuk pengembangan potensi wisata,” tutup pria yang juga staf ahli ini.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->