Tahun Ini, 24 Kelompok Tani Kota Batu Dibantu Alat dan Mesin Pertanian

Salah satu petani menjajal alat mesin pertanian di Dusun Caru, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Rabu (4/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu petani menjajal alat mesin pertanian di Dusun Caru, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Rabu (4/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

 BATU TIMES- Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 sejumlah 24 kelompok tani dan dan gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kota Batu menerima bantuan fasilitas dari Pemkot Batu. Bantuan yang diberikan itu yakni alat dan mesin pertanian.

Untuk pertama kali, penerima bantuan ini adalah kelompok tani di Kecamatan Junrejo. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada perwakilan kelompok tani dan gabungan kelompok tani di Dusun Caru, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Rabu (4/7/2018). 

Di Kecamatan Junrejo ada 9 kelompok tani yakni Gapoktan Rukun Makmur yang menerima satu alat panen padi. Lalu kelompok wanita Tani Mandiri menerima satu unit hand sprayer dan pompa air. Gapoktan Sri Mulyo Pendem juga menerima satu alat panen padi.

Lainnya Gapoktan Bagus menerima satu unit hand sprayer. Gapoktan Sembodo Makmur menerima satu unit cultivator.

Kelompok Tani Sumber Makmur 01 menerima satu unit hand sprayer. Kelompok Tani Sumber Makmur menerima chopper. Dan Kelompok Tani Sumber Harapan Mulya menerima cultivator. Lainnya juga diberikan bantuan 7 ekor sapi peranakan.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan bagi petani yang belum bergabung ke dalam kelompok tani agar segera bergabung. Tujuannya agar bisa dengan mudah menerima informasi dan fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Batu.

“Salah satu program Pemkot Batu diprioritaskan memberikan kemudahan dan fasilitas untuk petani. Ke depan akan diberikan yang terbaik,” kata Dewanti.

Bantuan ini diberikan untuk menyukseskan salah satu program Kota Batu dalam dunia pertanian. Sebab pertanian salah satu unggulan Kota Pariwisata ini.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kota Batu Heru Mulyanto menjelaskan untuk Kecamatan Bumiaji yang akan menerima bantuan ada 7 Kelompok tani/gapoktan. Kecamatan Batu ada 8 Kelompok tani.

“Untuk penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian di dua kecamatan ini masih akan segera diagendakan,” ungkap Heru.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->