DPRD Kota Batu Minta Pemkot Batu Agar Segera Lakukan Perombakan Pasar Besar

Aktivitas pedagang di unit buah Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Aktivitas pedagang di unit buah Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

 Di bawah kepemimpian Wali Kota Batu lima tahun mendatang, DPRD Kota Batu tidak menginginkan pembangunan gedung. Namun pembangunan yang bersifat kepentingan masyarakat seperti Pasar Besar Kota Batu harus segera dilakukan.

“Lima tahun ke depan tidak perlu membangun fasilitas yang wah, seperti membuat gedung. Ditingkatkan kebutuhan dasar masyarakat untuk pembangunan,” kata Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Kamis (5/7/2018).

Segala hal yang menyangkut dengan sarana kegiatan ekonomi untuk masyarakat merupakan poin utama segera dilakukan Pemkot Batu. Sebab pasar adalah sarana ekonomi masyarakat.

Diketahui untuk merombak pembangunan Pasar Besar Kota Batu ini rencananya Pemkot Batu akan meminta anggaran dari pemerintah pusat. Karena itu, tentunya proses tidaklah mudah. Sehingga pihaknya meminta agar Pemkot Batu segera melakukan rencana itu.

“Kalau mau meminta anggaran dari Pemerintah Pusat segera dilakukan, supaya pembangunan pasar itu segera terealisasi karena agar ekonomi masyarakat naik,” ungkapnya.

Alasan Pemkot Batu akan meminta anggaran kepada Kementerian Perdagangan, karena untuk pembangunan pasar besar itu tidaklah sedikit. Diperkirakan kurang lebih anggaran yang harus digelontorkan mencapai Rp 90 miliar.

Saat ini bangunan Pasar Besar Kota Batu berdiri di atas lahan 2,5 hektare. Sedangkan sisanya, 2 hektare, terbagi untuk lahan parkiran dan sebagainya.

Rencananya dalam master plan, pembangunan bangunan menjadi satu hektare. Sisanya 3,5 hektare bisa digunakan untuk rest area dengan fasilitas 30 kamar mandi dilengkapi musala dan air hangat. 

Bukan hanya itu, rencananya pasar baru akan dilengkapi dengan pusat klinik serta kuliner pagi, siang hingga malam hari. Bahkan Pasar Besar Kota Batu akan dibangun dengan model semimodern.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->