Demi Adipura, Pemkot Batu Sebar 31 Titik Papan Larangan Buang Sampah

Salah satu papan titik pantau adipura di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu papan titik pantau adipura di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Sebanyak 21 titik pusat keramaian baru-baru ini terpasang papan titik pantau adipura. Papan itu dipasang sebagai tanda peringatan agar membuang sampah pada tempatnya. 

Papan titik pantau yang dipasang oleh Pemkot Batu itu bertuliskan ‘Kebersihan Adalah Tanggungjawab Kita Bersama Mari Buang Sampah Pada Tempatnya'. 

Papan itu sudah terpasang seperti di Alun-Alun Kota Batu, Pasar Besar Kota Batu, Taman Terbuka Songgoriti, Terminal, dan beberapa sekolah di Kota Batu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan untuk saat ini baru terpasang 21 titik di seluruh Kota Batu. Rencananya, masih ada 9 titik lagi yang akan diberi papan tersebut.

“Kami akan memasang papan titik pantau itu di 30 titik. Untuk saat ini masih 21 titik,” ungkap Arief, Rabu (4/7/2018).

Papan pemberitahuan itu bertujuan agar masyarakat menjaga lingkungannya. Terlebih area yang diberi papa tersebut adalah titik pantau adipura, sehingga masyarakat sadar dan tidak membuang sampah di area tersebut.

“Papan titik pantau adipura ini memang kita pasang di daerah keramaian yang rawan masyarakat membuang sampah,” imbuhnya. 

Menurutnya, titik pantau itu dipasang untuk mengingatkan kepada masyarakat agar sadar jika daerah yang terpasang peringatan itu merupakan area bersih dari sampah.

Dan itu salah satu cara mengingatkan masyarakat agar kotanya bisa meraih adipura.

“Supaya sadarlah, ohh ini adalah area kebersihan. Jadi orang enggan untuk membuang sampah di situ. Terutama pada titik keramaian supaya tahu dan tidak buang sampah di sana,” jelas bapak tiga anak ini.

Sementara itu saat ini Pemkot Batu sedang menanti hasil dari penilaian Adipura yang beberapa lalu mengikuti penilaian.

Rencananya, pengumuman penilaian itu akan keluar antara bulan Juli atau Agustus.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->