Muluskan Bantuan Tempat Ibadah, Pemkot Baru Buat Dasar Hukum

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Bantuan tempat ibadah yang tidak lagi dianggarkan menjadi pembahasan serius antara Pemkot Batu dan DPRD Kota Batu. Agar bantuan ini tidak menyalahi aturan, Pemkot Batu sedang menggodok dasar hukum pemberian bantuan tersebut.

 

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan tidak ingin bantuan tempat ibadah, timbul masapah. Untuk itu Pemkot Batu sedang memproses dasar hukum. Sehingga program ini nantinya akan tetap berjalan, tidak akan menjadi ke dalam Sisa Kelebihan Anggaran (Silpa).

 

“Karena bantuan ini sangat penting juga, sehingga kami buatkan dasar hukumnya. Sebentar lagi dasar hukum ini jadi,” ungkap Punjul, Sabtu (7/7/2018).

 

Ia menambahkan jika program ini tetap dianggarkan, namun menyesuaikan dengan regulasi yang baru sesuai dengan dasar hukum yang telah ditetapkan. Anggaran yang diberikan itu akan dilebur dan dimasukkan ke setiap dinas yang bersangkutan.

 

“Contohnya bantuan untuk tempat ibadah, khususnya untuk sarana kebersihan, akan dimasukkan ke dalam dinas Lingkungan Hidup,” jelasnya.

 

"Yang lainnya juga seperti bantuan untuk guru ngaji, dan lainya nanti dimasukkan ke dalam Dinas Pendidikan. Agar bantuan itu dimasukkan ke dalam bantuan insentif, caranya kita pecah-pecah begitu,” imbuh politisi PDIP ini. 

 

Terpisah, Ketua DPRD Batu Cahyo Edi Purnomo menambahkan jika bantuan ini memang bagus untuk teruss dilaksanakan, karena menyangkut kepentingan masyarakat. Keputusan untuk pembuatan dasar hukum cukup bagus, terlebih untuk semua jenis bantuan.

 

“Kalau bisa semua jenis bantuan yang dianggarkan oleh Pemkot Batu lebih baik ada dasar hukumnya. Agar ketika adanya peraturan baru tidak menggagalkan anggaran tersebut,” kata Cahyo.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : sandi permana soebagio
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->