Lempengan Bergambar Soekarno Ditemukan Warga Kesamben di Makam Kuno

Kolidi, Kepala Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang Sang Penemu Lempengan Bergambar Soekarno Saat Menunjukan Temuannya. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Kolidi, Kepala Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang Sang Penemu Lempengan Bergambar Soekarno Saat Menunjukan Temuannya. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

BATUTIMES - Moch Kolidi (52), seorang warga Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang temukan sejumlah lempengan berwarna emas dengan gambar Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno.

Warga yang diketahui menjabat sebagai Kepala Desa di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben ini, mengaku menemukan lempengan bergambar Soekarno ini pada tahun 2014 lalu.

 

Dari cerita Kolidi, lempengan berwana emas bergambar Soekarno itu memiliki panjang 8 sentimeter dan lebar 4 sentimeter. Ketebalan lempengan 2 sentimeter dan di sisi lainnya terdapat gambar Garuda Pancasila. Benda itu dia temukan saat malam hari ketika ia sedang duduk-duduk di teras rumahnya.

Saat sedang santai sembari duduk di teras, saat itu pula Kolidi mendengar suara yang jatuh dari atas dekat pohon mangga di depan rumahnya. Pada saat itu, dianggapnya buah mangga jatuh dan ketika dihampiri ternyata gumpalan tanah basah yang di dalamnya terdapat lempengan gambar soekarno.

 

"Awalnya malam itu saya duduk-duduk di teras rumah. Pas ketika ada barang jatuh, saya kira mangga. Terus saya hampiri ternyata gumpalan tanah basah. Kemudian saya bersihkan dengan air di dalam rumah, ternyata kelihatan kuning-kuning yang ternyata bentuk lempengan itu," ujar Kolidi menceritakan peristiwa saat menemukan lempengan bergambar Soekarno, Sabtu (7/7).

 

Pada kunjungan wartawan JombangTIMES di kediaman Kolidi, diketahui di depan kediaman Kolidi terdapat sejumlah makam kuno yang tertumpuki batu bata yang tampak terlihat lawas (kuno) dengan ukuran batu bata yang terbilang lebar, tidak seperti batu biasa pada umumnya.

Menurut Kholidi, 13 lempengan bergambar Soekarno tersebut, ditemukan jatuh tepat di samping 4 makam kuno yang berlokasi di depan rumah Kolidi. "Ya disitu mas, di samping makam. Awalnya 2014 itu nemu 9 lalu setahun lagi, selang musim mangga baru nemu lagi 4 jadinya 13," bebernya.

 

Sementara, saat disinggung mengenai adanya firasat sebelum menemukan lempengan bergambar Soekarno tersebut, Kolidi mengaku pernah bermimpi didatangi sosok orang tua pada mimpinya beberapa kali.

 

Dijelaskan Kolidi dalam mimpi tersebut, sosok orang tua yang mendatangi Kolidi pada mimpinya itu, memberitahu bahwa di depan rumah Kolidi ada barang yang berhaga. Dan mimpi yang kedua, Kolidi menceritakan bahwa di dalam makam kuno yang berada di depan kediamannya tersebut terdapat kereta kencana.

 

Setelah mimpi hal tersebut, lanjut Kolidi, ia menemukan sejumlah lempengan bergambar Soekarno. "Jauh sebelum menemukan itu (lempengan bergambar Soekarno, red), saya mimpi didatangi orang tua. Dia ngomong kalau di depan rumah itu ada rezeki. Kemudian jarak tiga bulan bermimpi didatangi orang tua itu lagi. Saat itu dalam mimpi dia membuka makam itu (makam di depan rumah Kolidi, red) dan terlihat ada kereta kudanya," ujarnya bercerita.

 

Selain itu, Kolidi juga mengatakan bahwa dirinya pernah membawa sejumlah lempengan bergambar Soekarno itu ke toko emas untuk mengecek keasliannya. Ternyata dari hasil pengecekan ke toko emas itu, diketahui bahwa kadar emas dari lempengan tersebut hanya sedikit. "Itu saya bawa ke Mojokerto, untuk mengecek kadar emasnya ke tukang emas di pinggir jalan itu. Katanya kadar emasnya itu masih muda. Artinya sampai ke kadar emas itu baru 20 kadar emasnya, belum 100 persen emas," pungkasnya.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : A Yahya
Publisher : sandi permana soebagio
-->
  • Manfaatkan Teknologi, BPPT dan Pemkot Batu Hasilkan Kentang Unggul

    Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu sukses kembangkan kentang dengan teknologi ex-vitro. Hal itu ditandai dengan adanya panen dengan hasil kentang yang besar di lahan di Desa Sumber Br

  • Indonesia dan Thailand Borong Piala PGAWC 2018 di Kota Batu

    Indonesia dan Thailand merajai kejuaraan International Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu, pada 13-15 Juli. Mereka mampu merajai kejuaraan ini dari tiga kategori yang dilombakan.

  • Kursi Roda hingga Perahu Karet Beterbangan di Langit Kota Batu

    Perahu karet melayang beterbangan di langit Kota Batu. Hanya saja itu merupakan kreativitas peserta ajang pertandingan kelas International Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu.

  • Bagaikan Tornado, Enterprise Ride Pacu Adrenalin di Jatim Park 1

    Suka dengan wahana yang memacu adrenalin? Jika iya, Jawa Timur Park 1 punya wahana yang bakal memacu ketegangan Anda. Nama wahana baru ini adalah Enterprise Ride.

  • Akhirnya Akses Baru Jalan Tembus Menuju Wisata Paralayang Gunung Banyak Direalisasikan

    Akhirnya akses ruas menuju wisata Paralayang, Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu terealisasi sudah. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkot Batu masih dalam tahap penataan lahan.

  • Sepuluh Menit Sehat Ala Ade Rai

    Gula menjadi ancaman kesehatan bagi tubuh terutama pada masyarakat karena mengalami obesitas. Karena itu Ade Rai alias I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai membagi tips sehatnya dan awet muda bagi karyawan Jatim Park Group dan masyarakat umum di Hall The Bagong

  • Tiga Calon Sekda Telah Terpilih, Siapa Yang Akan Dipilih Dewanti?

    Selangkah lagi, Pemkot Batu bakal memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu. Setelah kelima peserta mengikuti ujian tahap akhir uji pemaparan atau gagasan lelang jabatan Sekda Kota Batu, pada Senin (9/7/2018), tim Panitia Seleksi (Pansel) telah mengant

  • Ade Rai Obrak-Abrik Tubuh Bagong, Ada Apa?

    Ade Rai alias I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai berkesempatan keliling di The Bagong Adventure Museum Tubuh, Sabtu (14/7/2018). Ia mengapresiasi hadirnya Museum Tubuh di Indonesia tepatnya Kota Batu.

  • 18 Atlet Pelatnas Asian Games Terjun di Kejuaraan Dunia Paralayang Kota Batu

    Sebanyak 18 atlet Paralayang yang bergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga Paralayang untuk Asian Games 2018, terjun dalam Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu.

  • Ganis Rumpoko Anak Wali Kota Batu Maju Bacaleg DPR RI

    Anak kedua Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yakni Ganis Rumpoko hadir di kantor BNN Kota Batu. Kehadiran Ganis ini ternyata untuk melakukan tes urine. Tes urine itu rupanya untuk melengkapi persyaratan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilu 201

  • Perangi Narkoba di Jatim, Kota Batu Jadi Tuan Rumah

    Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) 2018 bakal digelar di Kota Batu selama 14-16 2018 mendatang. Kota Batu dipilih sebagai tuan rumah karena sebagai kota wisata di Jawa Timur.

  • Atlet 15 Negara Uji Skill Paragliding di Kota Batu

    Sejumlah 132 atlet dari 15 negara berlaga dalam Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu, pada 13-25 Juli 2018. Perlombaan ini juga sebagai ajang uji coba para atlet khususnya bagi mereka yang bakal mewakili negara masing-masi

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->