Aksi Kocak Gajah Bernama Lili di Hari Ulang Tahun Pertamanya di Batu Secret Zoo

Lili gajah berusia satu tahun, bersama indukannya saat menikmati kado buah dan sayuran di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Lili gajah berusia satu tahun, bersama indukannya saat menikmati kado buah dan sayuran di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sebagai lembaga konservasi, Batu Secret Zoo sukses mengembangbiakkan gajah Sumatera. Tepat pada Sabtu (7/7/2018) Lili gajah Sumatera koleksi Batu Secret Zoo Jatim Park 2 genap berusia satu tahun.

Suksesnya pengembangbiakan bayi gajah betina ini pun dirayakan bersama-sama dengan wisatawan. Sebagai kado, makanan favorit yang dibentuk seperti tumpeng diberikan kepada Lili.
 
Makanan favorit Lili yakni wortel, labu, apel, pisang, nanas, salak, jeruk, semangka, pepaya, kacang panjang, sawi, jambu air, jagung, andewi, dan sebagainya. Lili yang didampingi ibunya Tira pun melahap langsung memakan yang disuguhkan.

Sempat juga mejadi perhatian saat Lili mencoba memakan labu, karena baru berusia satu tahun untuk memakannya tidaklah mudah. Dengan belalainya, berulang kali Lili gagal memasukkan ke dalam mulutnya.

Aksi semakin kocak ketika Lili tiba-tiba heboh berlarian ke sana kemari dengan lincah. Sebelumnya Lili lahir di tanggal dan bulan yang cantik, yakni 7 Juli 2017 pukul 04.15. Memiliki berat badan 85 kilogram dan tinggi 78 centimeter.

“Namun saat di usianya satu tahun ini berat badannya sudah mencapai 500 kilogram dengan tinggi badan mencapai 140 centimeter. Dengan demikian pertumbuhannya cukup pesat,” ungkap drh Roosy Margaretha Riupassa, dokter hewan Batu Secret Zoo.

Selain mendapatkan hadiah sayur dan buah-buahan, Lili juga mendapatkan mainan berbentuk bola. Mainan itu terbuat dari besi yang di dalamnya dipenuhi dengan daun jagung.

“Mainan ini berfungsi melatih belalai Lili untuk mengambil makan. Karena memang Lili masih tahap berlatih,” imbuhnya saat berada di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2.

Roosy menambahkan mengapa bayi gajah ini di usianya satu tahun ini dirayakan hari jadinya? Karena sebagai lembaga konservasi dengan bangga telah melestarikan satwa endemik Indonesia yang terancam punah. 

“Karena inilah akhirnya kami ingin merayakan bersama masyarakat. Agar kedepannya, wisatawan yang datang ikut melestarikan gajak asli Inonesia ini yang hampir punah,” imbuh Roosy.

Diketahui, Lili lahir dari hasil perkawinan gajah betina Tira dan pejantan Andalas. Tira berjenis kelamin betina. Tira lahir 1 Maret 1994 sehingga usianya saat ini 23 tahun di Sumatera Selatan. Kemudian Tira menjadi keluarga di Batu Secret Zoo tahun 2015 lalu. 

Sedangkan Andalas lahir di Sumatera Selatan pada 1 Juni 1997. Saat ini usianya 20 tahun. Andalas hadir di Batu Secret Zoo tahun 2015. Tira mengandung si mungil selama 22 bulan atau kurang lebih hampir dua tahun.


Sementara itu, selain Lili Batu Secret Zoo memiliki koleksi empat gajah lainnya. Pada awal mulanya tahun 2010 hanya memiliki satu gajah. Kemudian tahun 2015 batu dihadirkan tiga gajah Sumatera lainnya. Pertama Nazumi yang berjenis kelamin betina dan lahir pada 1 Maret 1987. Saat ini usianya 30 tahun. Hadir di Batu Secret Zoo pada tahun 2015. 

Kemudian ada Anis, jenis kelaminnya betina, lahir pada 15 Juni 1988.busianya saat ini 29 tahun. Hadir di Batu Secret Zoo tahun 2010. Sedangkan bagi pengunjung bisa belajar edukasi gajah pukul 11.30.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
  • Manfaatkan Teknologi, BPPT dan Pemkot Batu Hasilkan Kentang Unggul

    Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu sukses kembangkan kentang dengan teknologi ex-vitro. Hal itu ditandai dengan adanya panen dengan hasil kentang yang besar di lahan di Desa Sumber Br

  • Indonesia dan Thailand Borong Piala PGAWC 2018 di Kota Batu

    Indonesia dan Thailand merajai kejuaraan International Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu, pada 13-15 Juli. Mereka mampu merajai kejuaraan ini dari tiga kategori yang dilombakan.

  • Kursi Roda hingga Perahu Karet Beterbangan di Langit Kota Batu

    Perahu karet melayang beterbangan di langit Kota Batu. Hanya saja itu merupakan kreativitas peserta ajang pertandingan kelas International Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu.

  • Bagaikan Tornado, Enterprise Ride Pacu Adrenalin di Jatim Park 1

    Suka dengan wahana yang memacu adrenalin? Jika iya, Jawa Timur Park 1 punya wahana yang bakal memacu ketegangan Anda. Nama wahana baru ini adalah Enterprise Ride.

  • Akhirnya Akses Baru Jalan Tembus Menuju Wisata Paralayang Gunung Banyak Direalisasikan

    Akhirnya akses ruas menuju wisata Paralayang, Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu terealisasi sudah. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkot Batu masih dalam tahap penataan lahan.

  • Sepuluh Menit Sehat Ala Ade Rai

    Gula menjadi ancaman kesehatan bagi tubuh terutama pada masyarakat karena mengalami obesitas. Karena itu Ade Rai alias I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai membagi tips sehatnya dan awet muda bagi karyawan Jatim Park Group dan masyarakat umum di Hall The Bagong

  • Tiga Calon Sekda Telah Terpilih, Siapa Yang Akan Dipilih Dewanti?

    Selangkah lagi, Pemkot Batu bakal memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu. Setelah kelima peserta mengikuti ujian tahap akhir uji pemaparan atau gagasan lelang jabatan Sekda Kota Batu, pada Senin (9/7/2018), tim Panitia Seleksi (Pansel) telah mengant

  • Ade Rai Obrak-Abrik Tubuh Bagong, Ada Apa?

    Ade Rai alias I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai berkesempatan keliling di The Bagong Adventure Museum Tubuh, Sabtu (14/7/2018). Ia mengapresiasi hadirnya Museum Tubuh di Indonesia tepatnya Kota Batu.

  • 18 Atlet Pelatnas Asian Games Terjun di Kejuaraan Dunia Paralayang Kota Batu

    Sebanyak 18 atlet Paralayang yang bergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga Paralayang untuk Asian Games 2018, terjun dalam Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu.

  • Ganis Rumpoko Anak Wali Kota Batu Maju Bacaleg DPR RI

    Anak kedua Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yakni Ganis Rumpoko hadir di kantor BNN Kota Batu. Kehadiran Ganis ini ternyata untuk melakukan tes urine. Tes urine itu rupanya untuk melengkapi persyaratan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilu 201

  • Perangi Narkoba di Jatim, Kota Batu Jadi Tuan Rumah

    Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) 2018 bakal digelar di Kota Batu selama 14-16 2018 mendatang. Kota Batu dipilih sebagai tuan rumah karena sebagai kota wisata di Jawa Timur.

  • Atlet 15 Negara Uji Skill Paragliding di Kota Batu

    Sejumlah 132 atlet dari 15 negara berlaga dalam Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 2018 seri ke tiga di Kota Batu, pada 13-25 Juli 2018. Perlombaan ini juga sebagai ajang uji coba para atlet khususnya bagi mereka yang bakal mewakili negara masing-masi

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->