Aksi Kocak Gajah Bernama Lili di Hari Ulang Tahun Pertamanya di Batu Secret Zoo

Lili gajah berusia satu tahun, bersama indukannya saat menikmati kado buah dan sayuran di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Lili gajah berusia satu tahun, bersama indukannya saat menikmati kado buah dan sayuran di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sebagai lembaga konservasi, Batu Secret Zoo sukses mengembangbiakkan gajah Sumatera. Tepat pada Sabtu (7/7/2018) Lili gajah Sumatera koleksi Batu Secret Zoo Jatim Park 2 genap berusia satu tahun.

Suksesnya pengembangbiakan bayi gajah betina ini pun dirayakan bersama-sama dengan wisatawan. Sebagai kado, makanan favorit yang dibentuk seperti tumpeng diberikan kepada Lili.
 
Makanan favorit Lili yakni wortel, labu, apel, pisang, nanas, salak, jeruk, semangka, pepaya, kacang panjang, sawi, jambu air, jagung, andewi, dan sebagainya. Lili yang didampingi ibunya Tira pun melahap langsung memakan yang disuguhkan.

Sempat juga mejadi perhatian saat Lili mencoba memakan labu, karena baru berusia satu tahun untuk memakannya tidaklah mudah. Dengan belalainya, berulang kali Lili gagal memasukkan ke dalam mulutnya.

Aksi semakin kocak ketika Lili tiba-tiba heboh berlarian ke sana kemari dengan lincah. Sebelumnya Lili lahir di tanggal dan bulan yang cantik, yakni 7 Juli 2017 pukul 04.15. Memiliki berat badan 85 kilogram dan tinggi 78 centimeter.

“Namun saat di usianya satu tahun ini berat badannya sudah mencapai 500 kilogram dengan tinggi badan mencapai 140 centimeter. Dengan demikian pertumbuhannya cukup pesat,” ungkap drh Roosy Margaretha Riupassa, dokter hewan Batu Secret Zoo.

Selain mendapatkan hadiah sayur dan buah-buahan, Lili juga mendapatkan mainan berbentuk bola. Mainan itu terbuat dari besi yang di dalamnya dipenuhi dengan daun jagung.

“Mainan ini berfungsi melatih belalai Lili untuk mengambil makan. Karena memang Lili masih tahap berlatih,” imbuhnya saat berada di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2.

Roosy menambahkan mengapa bayi gajah ini di usianya satu tahun ini dirayakan hari jadinya? Karena sebagai lembaga konservasi dengan bangga telah melestarikan satwa endemik Indonesia yang terancam punah. 

“Karena inilah akhirnya kami ingin merayakan bersama masyarakat. Agar kedepannya, wisatawan yang datang ikut melestarikan gajak asli Inonesia ini yang hampir punah,” imbuh Roosy.

Diketahui, Lili lahir dari hasil perkawinan gajah betina Tira dan pejantan Andalas. Tira berjenis kelamin betina. Tira lahir 1 Maret 1994 sehingga usianya saat ini 23 tahun di Sumatera Selatan. Kemudian Tira menjadi keluarga di Batu Secret Zoo tahun 2015 lalu. 

Sedangkan Andalas lahir di Sumatera Selatan pada 1 Juni 1997. Saat ini usianya 20 tahun. Andalas hadir di Batu Secret Zoo tahun 2015. Tira mengandung si mungil selama 22 bulan atau kurang lebih hampir dua tahun.


Sementara itu, selain Lili Batu Secret Zoo memiliki koleksi empat gajah lainnya. Pada awal mulanya tahun 2010 hanya memiliki satu gajah. Kemudian tahun 2015 batu dihadirkan tiga gajah Sumatera lainnya. Pertama Nazumi yang berjenis kelamin betina dan lahir pada 1 Maret 1987. Saat ini usianya 30 tahun. Hadir di Batu Secret Zoo pada tahun 2015. 

Kemudian ada Anis, jenis kelaminnya betina, lahir pada 15 Juni 1988.busianya saat ini 29 tahun. Hadir di Batu Secret Zoo tahun 2010. Sedangkan bagi pengunjung bisa belajar edukasi gajah pukul 11.30.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
  • Motif Pembunuhan Sadis Bangoan, Kapolres : Masih Kita Dalami

    Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan penyidikan mendalam atas tragedi pembunuhan yang terjadi di desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Korban pembunuhan diketahui pasangan suami istri

  • Keluarga Korban Shock, Banjir Tangis di Dapur Pasca Aksi Keji Guru

    Keluarga besar Barno (65) dan Musini (60) tampak shock dan berkumpul di dapur rumahnya yang sederhana. Barno dan Musini tiap hari tinggal bersama dengan anak nomer lima bernama Supiah (40) dan cucu lain bernama Asrul (30), Rojikin (19), Sucipto (7). "Sed

  • Dramatis, Penangkapan Pembunuh Pasutri di Bangoan

    Penangkapan terhadap Matal (52 tahun), pelaku pembunuhan terhadap Sumini (70 tahun) dan Barno (70 tahun) berlangsung dramatis, Jum’at (16/11). Pihak Kepolisian bahkan mengerahkan puluhan personelnya untuk menangkap Matal yang masih memegang senjata tajam

  • Gagal, Pembangunan Pasar Sayur Tahap Tak Jadi Dibangun Tahun Ini

    Bagi sebagian para pedagang pasar sayur rupanya harus menunda sejenak keinginannya untuk bisa menempati kios baru. Sebab pada pembangunan tahap dua pasar sayur itu terpaksa tidak bisa dibangun pada akhir tahun.

  • Pemkot Batu Bakal Berikan Angkutan Gratis bagi Wisatawan dan Anak Sekolah

    Setelah Jatim Prak Group me-launching angkutan gratis, tentunya itu menjadi cambuk bagi Pemkot Batu. Sebab, seharusnya yang menyuguhkan angkutan gratis itu adalah Pemkot Batu.

  • Mengembalikan Societiet Concordia, Gedung di Malang yang Juga Jadi Proyek Bung Karno

    Wali Kota Malang Sutiaji memiliki program prestisius di awal masa kepemimpinannya. Yakni mengembangkan Malang City Heritage (MCH) yang akan menjadi ikon wisata di kota dingin ini. Caranya dengan mengembalikan jejak sejarah bangunan-bangunan lama. Salah s

  • Tragis, Pasutri Tewas Ditebas Parang oleh Tetangga

    Pasutri yang diketahui bernama Barno (65) dan Musini (60), warga RT 02 RW 02 Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, bersimbah darah dan mengembuskan nafas terakhirnya setelah ditebas parang oleh tetangganya sendiri, Matal (48).

  • Pembunuh Dua Orang Itu Berprofesi Guru Ngaji, Diduga Ada Masalah Keluarga

    Sebelum ditangkap dan dilumpuhkan, Matal (48) warga RT 02 RW 02 Bangoan yang membabat tetangganya hingga menewaskan dua orang diketahui pernah mengalami gangguan jiwa. Selain itu, Matal yang tiap hari berjualan penthol keliling dan guru ngaji itu diduga

  • Jatim Park Gandeng Angkutan Antar Jemput Gratis

    Wsatawan yang berwisata ke seluruh park di Kawasan Jawa Timur Park (JTP) Group akan dipermudah. Kini, dengan menggandeng angkutan umum di Kota Batu, Jatim Park menyuguhkan angkutan gratis khusus bagi wisatawan yang berwisata di Jatim Park Group.

  • Sebelah Surabaya, UMK di Madura Selisih Rp 2 Juta

    Melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 188/665/KPTS/013/2018, Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo secara resmi menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Jawa Timur untuk 2019 mendatang.

  • Minim Alat Bukti dan Saksi, Pengungkapan Kasus Pembunuhan Pasutri Campurdarat Buntu

    Sudah sepekan lebih dugaan pembunuhan Pasangan suami istri (Pasutri) Didik (56) dan Suprihatin (50) warga Ngingas Campurdarat Tulungagung, belum juga terungkap.

  • Miris, Sumber Air di Kota Batu Hanya Tersisa 52 Sumber

    Dari tahun ke tahun kondisi sumber air di Kota Batu semakin hilang. Hal itu dibuktikan oleh Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impala) Universitas Brawijaya Malang saat meneliti tentang sumber air di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->