Ajak Lestarikan Gajah, Batu Secret Zoo Buat Petisi 'Selamatkan Gajah'

Wisatawan saat menandatangani petisi ‘Selamatkan Gajah’ dan ‘Stop Perdagangan Gading Gajah’ di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wisatawan saat menandatangani petisi ‘Selamatkan Gajah’ dan ‘Stop Perdagangan Gading Gajah’ di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatimpark 2, Sabtu (7/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATU TIMES -Adanya kasus pembunuhan gajah di Aceh Timur memberikan simpatik Batu Secret Zoo. Di tengah-tengah merayakan ulang tahun pertama bayi gajah, Batu Secret Zoo mengajak wisatawan untuk menandatangi petisi. 

Petisi bertajuk 1000 tanda tangan dengan tema ‘Selamatkan Gajah’ dan ‘Stop Perdagangan Gading Gajah’ mendapatkan reaksi positif dari wisatawan yang berkunjung di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatim Park 2. Ratusan wisatawan itu mengantre untuk memberikan tanda tangannya di atas sebuah banner berwarna putih, Sabtu (7/7/2018).

Bahkan untuk mengajak wisatawan, Batu Secret Zoo memberikan merchandise untuk 30 orang pertama yang menandatanganinya.

drh Roosy Margaretha Riupassa, dokter hewan Batu Secret Zoo mengatakan petisi ini salah satu bentuk keprihatinan kasus pembunuhan gajah yang baru saja terjadi di Aceh Timur. Padahal gajah khususnya di Indonesia hampir punah.

Adanya petisi ini diharapkan dukungan juga dati wisatawan untuk tetap melestarikan satwa yang ada di bumi. “Kami mengajak untuk ikut menjaga jumlah populasi gajah. Di Indonesia kurang lebih tinggal 1700 ekor gajah,” kata Roosy. 

Dalam hal ini lanjut Roosy juga mengajak untuk stop perdagangan dan pemburuan gajah terutama gadingnya. Terlebih adanya kasus pemburuan gajah di Aceh Timur yang dilakukan untuk mengambil gading dengan panjang mencapai 120 centimeter.

“Perburuan gajah di Indonesia, konflik di Sumatera terkait pemburuan liar karena memang mengincar gadingnya kebanyakan yang diambil ukurannya 100 centimeter,” imbuhnya saat ditemui di area Exibit Gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jatim Park 2.

Sementara itu, wisatawan asal Surabaya Lola Anggarda mengatakan dengan adanya petisi ini membuatnya antusias. Meski melalui tanda tangan itu menjadi sebuah dukungan untuk ikut melestarikan gajah di Indonesia.

“Meskipun hanya sebuah tanda tangan, tapi hal ini untuk menunjukkan seberapa jauh kepedulian kami. Dan acara seperti ini sangat bagus dan krearif,” ujar Lola kepada BatuTIMES.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->