Satpol PP Kota Batu Bentuk Tim Gabungan TNI Polri, Siap Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Aktivitas PKL di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Aktivitas PKL di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Minggu (8/7/2018) merupakan hari terakhir bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) bisa berjualan di Alun-Alun Kota Batu. Rencananya jika peringatan itu tidak digubris oleh PKL, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu  bakal melibatkan TNI dan Polri untuk menertibkannya.

Sebelumnya Satpol PP Kota Batu Kamis (5/7/2018) telah memberikan sosialisasi lewat surat imbauan agar tak lagi berjualan di seputaran alun-alun. Dan Satpol PP memberikan kesempatan waktu selama tiga hari untuk tidak berjualan lagi di seputaran Alun-Alun Kota Batu.

Karena itu, Satpol PP terus memantau kondisi aktivitas PKL hingga hari ke tiga ini. Sebab jika melebihi tiga hari terpaksa Satpol PP bakal menertibkan PKL bersama tim gabungan TNI dan Polri.

"Jika tidak digubris kami sudah membentuk tim gabungan bersama TNI dan Polri. Sehingga hingga saat ini kami terus memantau aktivitas di Alun-Alun Kota Batu," ujar Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Batu, Yopi Supriadi.

Hal ini dilakukan untuk menegakkan peraturan daerah pasal 4 nomor 5 tahun 2005 tentang Pengaturan dan Penertiban PKL di Kota Batu. Selain itu juga karena banyaknya laporan dari masyarakat jumlah PKL terus meningkat hingga memenuhi trotoar Alun-Alun Kota Batu.

Ia pun mengimbau kepada para PKL untuk memperhatikan sosialisasi tersebut, sehingga jangan sampai ada penertiban paksa nantinya. Sebab hal ini cukup mengganggu lalu lintas dan keindahan dari Alun-Alun Kota Batu sebagai kota wisata.

"Ya kami mengharapkan dan bekerjasama agar PKL mematuhi apa yang telah menjadi peraturan daerah ini," katanya.

Diketahui aktivitas PKL Alun-Alun Kota Batu sudah berkali-kali ditertibkan oleh Satpol PP Kota Batu. Namun setelah dilakukan penertiban itu, aktivitas berjualan kembali ramai.

Lalu bagaimana setelah adanya sosialisasi dan penertiban nantinya? Apakah hanya akan bertahan selama beberapa hari, atau Alun-Alun Kota Batu akan bersih dari PKL. 

Padahal di area tersebut Pemkot Batu telah membangun Food Court diperuntukkan untuk para PKL. Hanya saja masih belum dimanfaatkan, meskipun jika dimanfaatkan lahan tersebut tidak akan cukup untuk menampung semua PKL Alun-Alun Kota Batu.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->