Ke- 6 Kalinya, Kota Batu Raih Kota Layak Anak

Wakil Wali Kota Batu usai menerima piala di Dyandra Convention Surabaya, Senin (23/7/2018) malam. (Foto: istimewa)
Wakil Wali Kota Batu usai menerima piala di Dyandra Convention Surabaya, Senin (23/7/2018) malam. (Foto: istimewa)

Kota Batu tahun 2018 kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018. Dengan demikian penghargaan itu menjadi prestasi Kota Batu untuk yang ke enam kalinya.

Penghargaan dan penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi atas segala upaya para gubernur, bupati, dan wali kota. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso yang di Dyandra Convention Surabaya, Senin (23/7/2018) malam. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan jika penghargaan ke enam ini diraih dalam kriteria pratama, dari beberapa kriteria lainnya.  

“Dalam penilaian KLA, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membagi lima kriteria yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. Dan Kota Batu dapat yang pratama,” kata Punjul.

Menurutnya untuk meraih dan mempertahankan prestasi ini tidaklah mudah. Dengan penghargaan ini ia berharap Kota Bagu bisa lebih memacu diri meningkatkan perhatian pada anak, terlebih untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus.

Memang hingga saat ini Pemkot Batu berkomitmen memberikan fasilitas kepada anak-anak. Misalnya dengan memberikan ruang terbuka dan bermain untuk anak secara gratis di beberapa sudut.

“Komitmen Pemkot Batu memberikan sarana kepada anak terus diperbaiki, seperti fasilitas umum untuk anak banyak, Alun-Alun Kota Batu, hingga di sudut-sudut taman lainnya,” jelasnya.

Selain itu Dinas Pendidikan Kota Batu juga berkomitmen memberikan program minum susu gratis yang sudah beberapa tahun telah berjalan. Kemudian pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

“Lainnya pada sektor Dinas Kesehatan melalui imunisasi dalam kandungan hingga usia 5 tahun dan sebagainya,” ungkap politisi PDIP Kota Batu ini. 

Ia pun berharap nantinya pelayanan hak-hak anak di Kota Batu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Seperti hak partisipasi, perlindungan, sehingga mendapatkan generasi penerus bangsa yang genius. “Genius yakni Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat,” tutupnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->