Bentangkan Bendera Raksasa di Gunung Panderman, Ratusan Pelajar Kota Batu dan Malang Sampaikan Harapan Besar Ini

Proses pengibaran bendera merah putih di Gunung Panderman. (Foto: istimewa)
Proses pengibaran bendera merah putih di Gunung Panderman. (Foto: istimewa)

Bendera raksasa kembali dikibarkan di lereng Gunung Panderman Kota Batu, Kamis (16/8/2017) sore. Bendera itu kembali dikibarkan di atas ketinggian 2045 meter di atas permukaan laut (mdpl) oleh 150 pelajar Kota Batu dan Malang.

Bendera itu memiliki berat 125 kilogram, panjang 40 meter dan lebar 25 meter. Total luas bila dibentangkan mencapai seribu meter persegi. Mereka pun membopong bendera yang sudah dibungkus plastik di atas pundak.

Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini yang membawa bendera raksasa itu tidak hanya para relawan dari Cansabalas Adventure Team Independent Community, tetapi juga pelajar Kota Batu dan Kota Malang. 

Mereka mengikuti ekspedisi ini untuk menanamkan jiwa nasionalisme. Bahkan saat turun mereka harus membawa turun sampah dan tidak meninggalkan jejak apapun yang bisa merusak alam. 

Ketua pelaksana pembentangan merah putih Yanuar Reski mengatakan, semenjak 2011 pihaknya selalu melakukan ekspedisi pengibaran bendera raksasa di lereng Panderman bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI. Namun yang membedakan kali ini melibatkan para pelajar.

"Karena kami ingin menanamkan juga kesan moral yang didapatkan dalam ekspedisi ini, rasa nasionalismenya juga," ungkap Yanuar.

Tujuan membentangkan bendera di lereng gunung tentunya juga untuk menarik perhatian masyarakat agar bisa melihat bendera berkibar.

"Dengan dibentangnya bendera ini di lereng gunung, supaya dari kejauhan orang bisa lihat. Mungkin kalau orang itu melihat, bisa ingat juga akan perjuangan para pahlawan," jelas warga Desa Punten Kecamatan Bumiaji ini.

Setelah dilakukan pembentangan H-1, pada 17 Agustus sore hari akan dilakukan upacara dan penurunan bendera.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->