Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie

Foto: Wikipedia

Nama : Bacharuddin Jusuf Habibie
Profesi : Presiden Republik Indonesia
Agama : Islam
Tempat Lahir : Pare-pare, Sulawesi Selatan
Tanggal Lahir : 25 June 1936
Zodiac : -
Warga Negara : Indonesia
Keahlian : Politikus
BIOGRAFI

Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Ayahnya yang berprofesi sebagai ahli pertanian berasal dari etnis Gorontalo dan memiliki keturunan Bugis, sedangkan ibunya beretnis Jawa. R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang spesialis mata di Yogya, dan ayahnya yang bernama Puspowardjojo bertugas sebagai pemilik sekolah.

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Ia pernah berilmu di SMAK Dago. Ia belajar teknik mesin di Universitas Indonesia Bandung (Sekarang Institut Teknologi Bandung) tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

PENDIDIKAN

SMAK Dago, Bandung

Jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia Bandung (ITB)

Teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen, Jerman

KARIR

Non-Militer/Politik:

Wakil Presiden Messerschmitt-Bölkow-Blohm bidang Teknologi

Militer/Politik:

Menteri Negara Riset dan Teknologi (1978 sampai Maret 1998)

Ketua umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia)

Wakil Presiden (14 Maret 1998 - 21 Mei 1998)

Presiden Republik Indonesia (21 Mei 1998 - 20 Oktober 1999)

  • Konspirasi di Balik Krisis 1998 dan Lengsernya Kekuasaan Soeharto

    Sejarah sering kali tampak berulang. Orang-orang belajar dari sejarah dengan pikiran bahwa sejarah bisa saja terulang kembali. Dari pola-pola sejarah mereka mencoba mencari titik temu antara gagasan dan momentum yang menentukan jalannya sebuah peristiwa

  • Universitas Tanri Abeng Ajak Kerjasama Peningkatan SDM Pariwisata

    KOTA BATU - Pengusaha Tanri Abeng sebagai pemilik Tanri Abeng University (TAU) tertarik melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Batu terkait pendidikan pariwisata.

  • 11 Pemain Absen di Laga Uji Coba

    Arema Cronus Indonesia tidak membawa seluruh amunisi saat laga uji coba melawan Martapura FC dan Persis Solo.

  • Apa Kata Ananda Sukarlan?

    Antusiasme meningkat, jelang kedatangan pianis/komponis Ananda Sukarlan ke Kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis 21 Mei mendatang. Banyak pertanyaan belum terjawab saat interview dua minggu lalu. Berikut kutipan tanya jawab itu:

  • Ananda Sukarlan Konser dan Talkshow di UB

    Kota Malang akan kedatangan komponis & pianis Indonesia yang mendunia, Ananda Sukarlan, yang kini tinggal di Spanyol. Ia datang untuk konser dan talkshow pada 21 Mei, atas undangan Universitas Brawijaya. Berikut cuplikan jawaban dari sejumlah pertanyaan y

Komentar Anda

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->
Top