Pemuda Alim Pengganda Uang Asal Gempol sejak Kecil Jadi Dukun Tiban

Rumah pengganda uang di Gempol. (Foto: arishandi)
Rumah pengganda uang di Gempol. (Foto: arishandi)

BATUTIMES - Penangkapan pemuda asal Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, FA, 22, mengejutkan warga sekitar. Pemuda yang dikenal alim ini ditangkap petugas Ditreskrimum Polda Jawa Timur atas tuduhan penipuan penggandaan uang hingga ratusan juta rupiah.

Rumah tinggal dukun pengganda uang yang berada di perkampungan itu cukup sederhana dan tidak ada kesan mewah. Rumah berukuran 5 x10 meter pada bagian belakang masih menggunakan bambu sesek. 

FA yang disapa dengan sebutan Gus Akbar dikenal memiliki keahlian pengobatan berbagai macam penyakit. Keahlian ini diperoleh tanpa disadarinya sejak ia usia 12 tahun. Orang menyebutnya Dukun Tiban.

Menurut Ansori, paman Gus Akbar, keahlian pengobatan keponakannya ini sudah cukup lama dijalaninya. Saat usia 12 tahun, ia tiba-tiba bisa memberikan pengobatan pada orang sakit. 

Dari cerita mulut ke mulut, keahlian pengobatan alternatif FA ini semakin dikenal masyarakat. Dari waktu ke waktu, ada saja orang yang datang untuk meminta bantuan pengobatan alternatif.

"Awalnya gimana ia bisa mengobati orang juga tidak ada yang tahu. Dia rajin ibadah ke masjid dan tiba-tiba bisa mengobati orang. Dia juga tidak pernah mondok di pesantren," kata Ansori.

Setelah menikah pada usia 19 tahun, FA yang juga menjadi penjahit memilih fokus pada pengobatan orang sakit. Dukun tiban ini semakin dikenal masyarakat dan menjadi rujukan pengobatan alternatif.

Pada saat ditangkap polisi, ia mengaku tidak mengetahuinya dan tuduhan kejahatan apa yang dialami keponakannya. Ia baru mengetahui setelah istrinya menemani ibu FA menjenguk di Polda Jatim.

“Saya tidak pernah tahu, kalau ia bisa menggandakan uang. Selama ini saya tidak pernah menanyakan keperluan orang yang datang. Saya hanya tahu, mereka yang datang minta bantuan pengobatan,” jelasnya. (*)

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->