Tak Ingin Haus Saat Berpuasa, Yuk Hindari Makanan-Makanan Ini

Salah satu makanan manis yang membuat haus. (Foto: istimewa)
Salah satu makanan manis yang membuat haus. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Salah satu hal yang cukup berat saat menjalankan ibadah puasa salah satunya adalah rasa haus. Apalagi rasa haus itu akan semakin menyiksa jika beraktivitas saat cuaca panas. 

Untuk menghindari rasa haus tersebut, alangkah baiknya menghindari beberapa makanan yang bisa membuat haus. Karena itu saat sahur yuk hindari 5 makanan yang membuat cepat haus saat berpuasa, antara lain:

1. Porsi Nasi Berlebihan

Meskipun akan melewati puasa selama lebih dari 12 jam, bukan berarti harus berlebihan untuk mengkonsumsi nasi saat sahur. Cukup ambil nasi lebih sedikit dari porsi standar. 

Dan untuk sumber serat tubuh yang kurang, bisa gantikan dengan sayuran atau buah-buahan. Hasilnya akan merasa lebih segar dan kenyang bertahan lebih lama.

2. Makanan Terlalu Asin

Memasak sayur untuk sahur pun harus diperhatikan kadar garamnya. Sebab makanan yang asin akan membuat cepat haus di siang hari. 

Efek yang bakal dirasakan apabila mengonsumsi makanan yang terlalu asin saat sahur seperti kerongkongan akan terasa lebih tersendat, gatal, dan kering. Selain makanan asin, makanan yang bercita rasa kuat juga memberikan efek yang sama. 

3. Camilan Manis

Untuk yang suka nyemil di kala sahur harus mulailah mengurangi porsi camilan yang biasa dikonsumsi saat sahur. Karena tingginya kadar gula yang dikonsumsi saat sahur justru membuat tubuh cepat lemas dan haus.

4. Makanan Pedas

Secara ilmiah, makanan pedas memang terbukti bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Tapi makan-makanan pedas yang berlebihan membuat tubuh mengalami dehidrasi karena lambung membutuhkan air yang cukup banyak. Sebab cairan tubuh sudah banyak berkurang untuk mengurangi rasa pedas dalam lambung.

5. Makanan Bersantan

Makanan yang menggunakan bahan dasar santan akan memiliki tekstur yang berminyak cukup tinggi. Apabila tingginya kadar minyak yang terkonsumsi ketika sahur melebihi batas nantinya akan membuat kerongkongan dan lambung tidak nyaman karena minyak pada santan menempel di dinding kerongkongan. 

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->